Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi ke Solo, Wartawan Kecele

Kompas.com - 05/01/2013, 21:06 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kegiatan Gubernur DKI Jakarta pada akhir minggu sangat misterius dan tidak bisa ditebak. Sejak pagi hari, wartawan sudah menunggu di depan rumah Jokowi di Jalan Taman Suropati Nomor 7, Menteng, Jakarta Pusat, tanpa ada agenda yang pasti.

Sekitar pukul 11.00 WIB, Jokowi keluar dari rumah dinasnya bersama mobil satpol PP pengangkut beras. Wartawan pun segera mengikuti tujuan mantan wali kota Solo tersebut. Mobil berpelat nomor B 1592 NKR yang digunakan Jokowi pun memasuki Tol Senayan dan keluar di Tol Kebon Jeruk.

Jokowi memantau pembangunan tanggul di Kali Sekretaris, Duri Kepa, Jakarta Barat. Seusai mengunjungi tanggul di Duri Kepa, Jokowi kembali blusukan ke kampung Pesing Koneng, Kedoya, Jakarta Barat.

Ia memantau saluran air yang menyebabkan permukiman tersebut sering banjir. Setelah blusukan, Jokowi kembali ke rumah dinas untuk beristirahat.

Dari informasi yang diperoleh, pukul 18.30 WIB, Jokowi diagendakan menghadiri acara silaturahim tarian peragaan dan musik di Jalan Mangunsarkoro Nomor 69, Menteng, Jakarta Pusat.

Namun, sekitar pukul 16.00 WIB, salah satu ajudan Jokowi mengatakan, Jokowi berencana pulang ke Solo untuk menengok rumahnya. Namun, ia belum mengetahui pukul berapa Jokowi berangkat ke tanah kelahirannya.

Beberapa jam menunggu, sekitar pukul 17.00 WIB, mobil Innova B 1123 RFR keluar rumah tanpa ada mobil pendamping lainnya sehingga wartawan tidak mengikuti mobil tersebut.

Petugas jaga di kediaman Jokowi, Sabtu (5/1/2013), mengatakan, "Mobilnya cuma ingin isi bensin saja."

Tak lama berselang, mobil hitam bernopol B 1592 NKR yang digunakan Jokowi saat blusukan pun keluar. Wartawan tengah bersiap mengejar mobil tersebut. Namun, saat jendela mobil dibuka, hanya ada Iriana Jokowi dan ketiga anaknya di dalam mobil.

Akhirnya, wartawan kembali menunggu Jokowi yang diagendakan menghadiri acara silaturahim tarian peragaan dan musik. Sampai pukul 18.30 WIB, tidak ada kabar yang jelas mengenai keberadaan Jokowi. Sekitar pukul 19.05, mobil Innova B 1123 RFR kembali tanpa membawa Jokowi. Lima menit kemudian, mobil hitam B 1592 NKR pun pulang tanpa membawa istri dan anak Jokowi.

Sesuai informasi yang dihimpun dari jejaring sosial Twitter, terdapat beberapa pengguna jejaring yang berkicau bahwa Jokowi sudah berada di bandara sekitar pukul 18.00 WIB.

Kemudian wartawan mendatangi acara di Jalan Mangunsarkoro No 69, Menteng, Jakarta Pusat, yang menjadi agenda Jokowi. Penerima tamu dalam acara pergelaran tari dan musik mengatakan Jokowi merupakan tamu pertama yang hadir dalam acara tersebut.

"Tadi Pak Jokowi datang sekitar jam 17.00. Dia datang hanya bersama satu ajudannya. Pak Jokowi tamu pertama yang datang dan hanya 10 menit," kata penerima tamu tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com