Kompas.com - 04/01/2013, 13:22 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

JAKARTA, KOMPAS.com — Posisi Indonesia sebagai Ketua APEC 2013 membuka peluang untuk berkontribusi nyata bagi pembentukan tatanan ekonomi mendatang. Hal ini diungkapkan Menteri Luar Negeri Marty M Natalegawa dalam siaran pers hari ini, Jumat (4/1/2013).

"Satu peluang untuk kembali menunjukkan kepemimpinan di kawasan," ujarnya di hadapan para sesepuh Kemlu, DPR, duta besar negara-negara sahabat, wakil dari instansi terkait, dan insan media.

Bapak Presiden, jelas Marty, telah menetapkan tema APEC 2013, yaitu "Resilient Asia Pacific, Engine of Global Growth". Dengan tema tersebut, Indonesia akan terus mendorong agar kawasan Asia Pasifik dapat terus tumbuh kuat, kokoh, dan berketahanan sebagai lokomotif pertumbuhan ekonomi dunia.

Indonesia akan memprioritaskan tiga hal, yaitu "Attaining the Bogor Goals", dengan fokus kepada pencapaian Bogor Goals, yakni perluasan perdagangan dan investasi, serta reformasi struktural.

"Achieving Sustainable Growth with Equity" dengan fokus pada daya saing global UKM, financial inclusion, ketahanan pangan dan kesehatan. "Promoting Connectivity" dengan fokus kepada konektivitas fisik, termasuk pengembangan dan investasi infrastruktur dan konektivitas kelautan (blue economy), konektivitas institusional dan konektivitas people-to-people.

Dengan perkembangan arsitektur kawasan yang semakin kompleks dari sejak APEC didirikan tahun 1989 dan sejak kepemimpinan Indonesia di APEC tahun 1994, Indonesia berkeyakinan, di bawah kepemimpinan Indonesia pada APEC tahun 2013 ini, forum ini dapat memberikan kontribusi dan nilai tambah bagi ketahanan ekonomi kawasan Asia Pasifik.

"Pada gilirannya upaya-upaya tersebut dapat berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi global dan kesejahteraan masyarakat dunia," tutur Marty.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.