Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelombang Panas Kembali Landa Australia

Kompas.com - 03/01/2013, 09:26 WIB
L Sastra Wijaya

Penulis

ADELAIDE, KOMPAS.com - Masyarakat Australia diminta bersiap menghadapi resiko kebakaran, dengan suhu udara diperkirakan akan mencapai lebih dari 40 derajat Celcius dalam tujuh hari mendatang.

Kota Roxby Downs (600 kilometer dari Adelaide) dan Oodnadatta di negara bagian South Australia sudah mengalami suhu lebih dari 45 derajat untuk hari keenam berturut-turut, sementara itu suhu di Tarcoola (750 kilometer dari Adelaide) diperkirakan akan mencapai 47 derajat hari Senin (7/1/2013).

Suhu diperkirakan akan tetap berada di atas 40 derajat di banyak kawasan pedalaman (outback) Australia termasuk kota Mildura dan Ouyen di negara bagian Victoria. Di Victoria ini merupakan keadaan paling buruk sejak tragedi kebakaran Black Saturday, 7 Februari 2009 yang menewaskan 173 orang.

Menurut laporan kantor berita AAP, banyak kota di kawasan timur negara bagian Western Australia dan juga di Queensland akan mengalami gelombang panas ini, dengan suhu akan berkisar 40 derajat di kedua negara bagian tersebut. Bahkan Hobart, ibukota Tasmania, kawasan yang sudah lebih dekat dengan Kutub Selatan, suhu diperkirakan akan mencapai 38 derajat hari Jumat.

Menurut laporan koresponden Kompas di Australia L. Sastra Wijaya, para petugas pemadam kebakaran sudah disiagakan untuk mengantisipasi kemungkinan kebakaran terburuk sejak Black Saturday. "Hari-hari ini merupakan salah satu hari paling beresiko kebakaran tertinggi sejak Black Saturday," kata kepala pemadam kebakaran Victoria, Brett Boatman hari Rabu (2/1/2013).

Sementara itu, manajer tim paramedis Ambulans Victoria Huw Colechin meminta masyarakat untuk berhati-hati, dan mengambil istirahat cukup bila bekerja di luar ruangan. "Minum air secara teratur, dan jangan lupa mengecek keadaan teman, tetangga ataupun sanak famili apalagi yang sudah sepuh atau sakit." kata Colechin hari Kamis (3/1/2013).

"Manula ataupun mereka yang memiliki penyakit kronis akan sangat menderita ketika suhu panas sekali." tambahnya. Colechin juga meminta masyarakat melakukan latihan fisik ataupun kegiatan lain di pagi hari atau malam.

Dia juga mengingatkan untuk tidak meninggalkan anak-anak di dalam mobil tanpa pengawasan. "Suhu panas yang menjadi situasi yang mengancam hidup bagi seorang anak yang dikunci dalam mobil, walau hanya untuk beberapa menit." katanya lagi.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com