Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesepakatan Fiskal AS Pulihkan Selera Investor

Kompas.com - 03/01/2013, 09:10 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Persetujuan anggaran di Amerika Serikat guna menghindari masalah jurang fiskal menghilangkan ketidakpastian pada pasar global dalam jangka pendek. Meskipun demikian, menurut riset Monex Investindo Futures, sejumlah analis masih cemas optimisme dapat memudar jika data ekonomi pekan ini mengecewakan.

Dollar AS dan yen melemah pada perdagangan di awal pekan ini setelah Pemerintah AS mencapai kesepakatan tepat waktu untuk menghindari kenaikan pajak dan pemangkasan belanja besar-besaran. Hal itu sekaligus mengikis permintaan untuk dollar AS dan yen sebagai mata uang safe haven.

Bursa saham AS melonjak pada hari Rabu (2/1/2013) menempatkan posisi indeks Dow jadi yang terbaik pada sesi pertama mereka di tahun baru sejak 2009. Ini seiring Wall Street menyambut kesepakatan dari negosiasi selama 11 jam untuk menghindari pemotongan anggaran dan kenaikan pajak dan memikirkan masalah defisit pada masa mendatang.

"Fokus selanjutnya akan memastikan apa yang akan terjadi dalam dua bulan ke depan dalam hal mengatasi anggaran dan dampak dari apa pun yang akan kita lakukan pada tingkat pertumbuhan PDB AS," kata Art Hogan, analis pasar di Lazard Capital Markets LLC.

Namun, Moody's Investor Service Inc mengingatkan bahwa kurang lanjutnya langkah-langkah pengurangan defisit dapat berdampak negatif pada peringkat kredit AS yang saat ini berada di level AAA dengan outlook negatif.

Satu hari setelah kongres sepakat untuk mencegah jurang fiskal, Moody's mengatakan bahwa diperkirakan debat fiskal dalam beberapa bulan mendatang untuk menghasilkan defisit anggaran yang lebih rendah pada masa mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com