Kompas.com - 02/01/2013, 17:56 WIB
EditorErvan Hardoko

PARIS, KOMPAS.com — Majalah satir Perancis, Charlie Hebdo, yang berulang kali diserang akibat menerbitkan kartun yang menghina Nabi Muhammad, Rabu (2/1/2013), menerbitkan komik biografi Nabi Muhammad.

Editor majalah Charlie Hebdo, Stephane Charbonnier, mengatakan bahwa biografi berjudul The Life of Mohammed itu adalah buku serius yang disusun berdasarkan riset mendalam oleh seorang sosiolog Perancis berdarah Tunisia.

"Ini adalah biografi yang diizinkan Islam karena diedit oleh umat Muslim," kata Charbonnier, yang juga menjadi pelukis sampul buku itu.

"Saya kira umat Muslim yang berpikiran terbuka tak akan menganggap buku ini tidak sesuai dengan Islam," tambah Charbonnier.

Charbonnier mengatakan, ide membuat buku komik biografi Nabi Muhammad ini muncul pada 2006 lalu, saat sebuah harian Denmark memuat kartun Nabi Muhammad yang memicu kemarahan umat Islam di seluruh dunia.

Majalah Charlie Hebdo sudah beberapa kali menerbitkan kartun Nabi Muhammad dengan "bersembunyi" di belakang kebebasan berbicara dan berpendapat. Berulang kali pula umat Muslim marah atas terbitan Charlie Hebdo.

Puncak kemarahan itu berujung serangan bom molotov terhadap kantor redaksi majalah tersebut pada 2011. Selain itu, situs resmi majalah ini juga diretas seusai menerbitkan sejumlah kartun Nabi dengan judul "Charia Hebdo".

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Stephane Charbonnier bahkan mendapatkan ancaman pembunuhan. Akibatnya, Charbonnier kini harus hidup di bawah pengawasan dan perlindungan polisi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.