Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantai Gading Umumkan Hari Berkabung Nasional

Kompas.com - 02/01/2013, 11:03 WIB

ABIDJAN, KOMPAS.com - Pemerintah Pantai Gading mengumumkan tiga hari berkabung nasional menyusul insiden kematian 61 orang saat perayaan tahun baru di Abidjan.

Insiden terjadi saat ratusan orang berdesak-desakan meninggalkan acara pesta kembang api di stadion Felix Houphouet Boigny, distrik Plateu.

Kebanyakan korban berusia 15 tahun atau lebih muda. Mereka tewas akibat terinjak-injak dan kehabisan nafas.

Presiden Alassane Ouattara menggambarkan insiden ini sebagai tragedi nasional. Penyelidikan dilakukan untuk mengetahui penyebab utama kecelakaan.

Penyebab Kecelakaan

Beragam teori mengemuka terkait penyebab desak-desakan yang terjadi di stadion berkapasitas 65.000 orang tersebut. Sejumlah orang mengatakan adanya kelompok pemuda yang menodongkan pisau untuk merebut telepon seluler pengunjung sebagai penyebab kekacauan di kerumunan massa.

Tetapi ada juga yang menyebutkan bahwa pasukan keamanan bertindak tidak layak untuk mengontrol ribuan orang yang berjalan berdesak-desakan melintasi pusat kota yang menyebabkan banyak orang terluka.

Presiden Ouattara saat mengunjungi korban di dua rumah sakit di Abidjan berjanji semua biaya perawatan akan ditanggung pemerintah.

Pesta kembang api selain diselenggarakan dalam rangka perayaan tahun baru, juga digunakan untuk merayakan perdamaian pasca kerusuhan yang dipicu oleh penolakan mundur mantan Presiden Laurent Gbagbo saat kalah dari Ouattara dalam pemilu 2010 lalu.

Sebelum tragedi perayaan tahun baru, stadion yang diberi nama Felix Houphouet Boigny sesuai dengan nama presiden pendiri Pantai Gading tersebut digunakan sebagai lokasi konser bintang AS Chris Brown.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com