Kompas.com - 02/01/2013, 11:03 WIB
EditorEgidius Patnistik

ABIDJAN, KOMPAS.com - Pemerintah Pantai Gading mengumumkan tiga hari berkabung nasional menyusul insiden kematian 61 orang saat perayaan tahun baru di Abidjan.

Insiden terjadi saat ratusan orang berdesak-desakan meninggalkan acara pesta kembang api di stadion Felix Houphouet Boigny, distrik Plateu.

Kebanyakan korban berusia 15 tahun atau lebih muda. Mereka tewas akibat terinjak-injak dan kehabisan nafas.

Presiden Alassane Ouattara menggambarkan insiden ini sebagai tragedi nasional. Penyelidikan dilakukan untuk mengetahui penyebab utama kecelakaan.

Penyebab Kecelakaan

Beragam teori mengemuka terkait penyebab desak-desakan yang terjadi di stadion berkapasitas 65.000 orang tersebut. Sejumlah orang mengatakan adanya kelompok pemuda yang menodongkan pisau untuk merebut telepon seluler pengunjung sebagai penyebab kekacauan di kerumunan massa.

Tetapi ada juga yang menyebutkan bahwa pasukan keamanan bertindak tidak layak untuk mengontrol ribuan orang yang berjalan berdesak-desakan melintasi pusat kota yang menyebabkan banyak orang terluka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Presiden Ouattara saat mengunjungi korban di dua rumah sakit di Abidjan berjanji semua biaya perawatan akan ditanggung pemerintah.

Pesta kembang api selain diselenggarakan dalam rangka perayaan tahun baru, juga digunakan untuk merayakan perdamaian pasca kerusuhan yang dipicu oleh penolakan mundur mantan Presiden Laurent Gbagbo saat kalah dari Ouattara dalam pemilu 2010 lalu.

Sebelum tragedi perayaan tahun baru, stadion yang diberi nama Felix Houphouet Boigny sesuai dengan nama presiden pendiri Pantai Gading tersebut digunakan sebagai lokasi konser bintang AS Chris Brown.

 



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X