Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Tewas dalam Pesta Tahun Baru di Pantai Gading

Kompas.com - 02/01/2013, 05:22 WIB

Sedikitnya 60 orang tewas dan 250 lainnya cedera karena terinjak-injak dalam pesta tahun baru di Abidjan, kota terbesar di Pantai Gading.

Pihak berwenang mengatakan insiden itu terjadi pada Selasa (1/1/2012) subuh di dekat sebuah stadion tempat berlangsungnya pesta kembang api.

Penyebab persisnya masih belum jelas dan sebagian korban jiwa adalah anak-anak, sementara korban yang menderita cedera serius sudah dibawa ke rumah sakit.

Namun, gelombang orang yang melewati pintu masuk stadion menyebabkan orang berdesak-desakan dan ada yang terjatuh serta terinjak-injak, seperti dituturkan kepala tim penyelamat, Letnan Kolonel Issa Soko, kepada kantor berita AFP.

Kolonel Soko menambahkan bahwa, baik jumlah korban jiwa maupun yang cedera masih didasarkan pada penghitungan sementara.

Lokasi tempat kecelakaan dipenuhi dengan serakan baju maupun sepatu, dan beberapa di antaranya ternoda dengan darah.

Banyak warga yang sudah mendatangi tempat kejadian, Stadion Felix Houphouet Boigny, untuk memastikan nasib anggota keluarga mereka yang hilang.

"Saya melihat semua jenazah, tetapi tidak bisa menemukan putra saya," kata seorang ibu yang putus asa, kepada media setempat.

Dia kehilangan putranya yang masih berusia sembilan tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com