Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senat AS Setujui Kesepakatan "Jurang Fiskal"

Kompas.com - 01/01/2013, 15:23 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Senat Amerika Serikat, Selasa (1/1/2012), akhirnya menyetujui kesepakatan yang diperoleh Gedung Putih dan Partai Republik untuk menghindari kenaikan pajak dan pemotongan anggaran negara dalam apa yang dikenal sebagai "jurang fiskal".

Kesepakatan ini disepakati Senat dengan perolehan suara 89-8. Namun, hasil ini masih akan dibawa ke DPR yang tidak bersidang karena masih dalam suasana libur tahun baru. Namun sejauh ini belum ada jadwal penmungutan suara di DPR.

Presiden AS Barack Obama menyambut baik persetujuan senat ini.

"Para pemimpin dari kedua partai politik di Senat duduk bersama untuk mencapai kesepakatan yang mendapat dukungan luas kedua pihak yang melindungi 98 persen warga AS dan 97 persen usaha kecil dari kenaikan pajak kelas menengah," kata Obama.

"Meski baik Demokrat maupun Republik tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan, kesepakatan kini adalah hal terbaik yang bisa diberikan untuk negara ini. Dan DPR harus menyetujuinya tanpa penundaan," tambah Obama.

Kesepakatan soal penambahan pajak bagi para orang kaya Amerika Serikat, tercapai setelah diskusi panjang Wakil Presiden Joe Biden dengan pra anggota Senat dari Partai Republik.

Jika kesepakatan ini tidak tercapai maka kenaikan pajak yang cukup tinggi akan menimpa seluruh warga kelas pekerja Amerika Serikat.

Kompromi yang tercapai pada Senin (31/12/2012) malam waktu setempat itu, membuat rakyat AS yang berpenghasilan di bawah 400.000 dollar AS per tahun bebas dari kenaikan pajak penghasilan.

Awalnya Partai Demokrat mengusulkan warga negara yang bebas dari kenaikan pajak adalah yang berpenghasilan 250.000 dollar AS per tahun.

Selain menghindarkan warga kelas menengah dari kenaikan pajak yang cukup besar, kesepakatan ini juga membuat AS bisa menunda pemotongan anggaran setidaknya selama dua bulan. Kondisi ini memungkinkan Kongres dan Gedung Putih membuka kembali negosiasi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com