Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama dan Republik Sepakat soal "Jurang Fiskal"

Kompas.com - 01/01/2013, 12:28 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Gedung Putih dan sejumlah poltisi senior Partai Republik, Senin (31/12/2012) malam waktu setempat, berhasil mencapai kata sepakat untuk menghindari pemotongan anggaran dan kenaikan pajak yang dikenal dengan istilah "jurang fiskal" yang mengancam ekonomi AS ke dalam resesi.

Kesepakatan ini -jika disetujui Kongres- merupakan kemenangan bagi Presiden Barack Obama karena dia berhasil meningkatkan pajak untuk orang kaya dengan penghasilan 450.000 dollar AS atau sekitar Rp 7 miliar setahun.

Kesepakatan ini juga membuat pemerintah bisa menghindari pemotongan anggaran sebesar 109 miliar dollar AS atau sekitar Rp 1.700 triliun setidaknya selama dua bulan.

Jika kesepakatan ini tidak tercapai maka sebuah keluarga AS beranggotakan empat orang dengan penghasilan 75.000 dollar AS atau sekitar Rp 720 juta setahun akan mengalami kenaikan pajak sebesar 3.300 dollar AS atau sekitar Rp 30 juta.

Selain memberatkan rakyat kebanyakan, jika kesepakatan itu tak tercapai, sejumlah analis ekonomi memprediksi perekonomian AS yang rapuh ini bisa mengalami resesi dengan kerugian gabungan antara pemotongan anggaran dan kenaikan pajak hingga 500 miliar dollar AS.

Sebelumnya, Presiden Barack Obama memang mengkampanyekan kenaikan pajak bagi warga AS dengan penghasilan minimal 250.000 dollar AS setahun.

Dengan kesepakatan ini, maka nilai pajak penghasilan tertinggi adalah sebesar 39,6 persen dimulai oleh warga yang berpenghasilan 450.000 dollar AS setahun.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com