Kompas.com - 01/01/2013, 11:01 WIB
EditorErvan Hardoko

PYONGYANG, KOMPAS.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un, Selasa (1/1/2013), menyerukan untuk mengurangi ketegangan dengan Korea Selatan. Selain itu, Kim Jong-Un juga menyerukan perubahan radikal dalam pengelolaan perekonomian negara.

"Sebuah isu penting untuk mengakhiri pemisahan negara dan mencapai reunifikasi adalah dengan menghilangkan konfrontasi antara Utara dan Selatan," kata Kim dalam pesan tahun barunya.

"Catatan masa lalu terkait hubungan antar-Korea menunjukkan bahwa perselisihan di antara saudara sebangsa tak menghasilkan apapun kecuali peperangan," tambah dia.

Pesan ini keluar hanya beberapa pekan setelah Park Geun-hye terpilih menjadi Presiden Korea Selatan. Pernyatan Kim Jong-Un ini juga muncul hampir bersamaan dengan rencana Dewan Keamanan PBB untuk menghukum Korea Utara pasca-peluncuran roket jarak jauh belum lama ini.

Pidato yang ditayangkan langsung televisi pemerintah Korea Utara ini adalah yang pertama sejak teakhir kali dilakukan bapak bangsa Korea Utara, Kim Il-Sung pada 1994 tak lama sebelum dia meninggal dunia.

Kim Jong-Un, yang mengambil kendali negara setelah kematian ayahnya Kim Jong-Il pada 17 Desember 2011 lalu, juga mengatakan bahwa 2013 adalah tahun "penciptaan hebat dan saat melakukan perubahan radikal".

"Mari kita mengubah haluan demi membangun sebuah perekonomian raksasa dengan semangat yang sama seperti kita perlihatkan saat menaklukkan luar angkasa! Ini adalah slogan perjuangan partai dan rakyat yang harus kita laksanakan tahun ini," Kim Jong-Un menegaskan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.