Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesir Tahan Perwira Militer Israel di Sinai

Kompas.com - 01/01/2013, 09:14 WIB

KAIRO, KOMPAS.com - Pemerintah Mesir mengatakan telah menahan seorang pria yang diduga adalah seorang perwira militer Israel di wilayah Taba, Semenanjung Sinai karena menerobos masuk perbatasan kedua negara, Senin (31/12/2012) malam.

Kantor berita Mesir MENA melaporkan pria itu adalah warga Tel Aviv keturunan Rusia yang saat ditahan tidak bisa menunjukkan paspornya. Selain tak membawa paspor, nama pria itu tidak muncul di dalam daftar wisatawan yang berkunjung ke Mesir.

Seorang petinggi badan intelijen Mesir mengatakan pria bernama Andrei Pshenichnikov itu adalah seorang perwira angkatan darat Israel. Kini, pria itu masih ditahan dan masih menjalani pemeriksaan.

Sumber di aparat keamanan Mesir mengatakan Pshenichnikov ditahan karena tengah mengumpulkan informasi soal Sinai dari para pengendara mobil di Taba yang terletak dekat perbatasan Mesir-Israel.

Namun, media massa Israel melaporkan Pshenichnikov adalah seorang aktivis pro-palestina. Pria ini, lanjut media Israel, melintasi perbatasan Mesir karena ingin memasuki Jalur Gaza. Warga Mesir memang dilarang memasuki Jalur Gaza dengan alasan keamanan.

Sementara itu, ibu Pshenichnikov, Svetlana kepada Radio Israel membenarkan putranya kini ditahan di Mesir. Putranya, lanjut Svetlana, berniat pergi ke Kairo lewat Sinai untuk bertemu dengan temannya dari Perancis.

"Dia sudah mendapatkan visa (untuk mengunjungi Mesir) dan pergi ke Eilat, untuk menuju ke Kairo," papar Svetlana.

"Namun di perbatasan polisi Israel menghentikan dia dan menuduh dia akan melintasi perbatasan secara ilegal. Polisi kemudian menahannya selama beberapa hari. Polisi memaksanya menandatangani pernyataan tidak akan pergi ke Mesir, namun dia menolak," kata Svetlana.

Perempuan itu mengatakan putranya sudah dibebaskan polisi Israel setelah paspor Rusia dan Israel miliknya sudah diperiksa keabsahannya. Namun, di hari yang sama dia menelepon dari Taba dan mengatakan dia ditahan polisi Mesir.

"Setelah dia menyelesaikan wajib militernya, dia mendukung Palestina. Dia menyewa apartemen di kamp pengungsi di Betlehem untuk membuktikan kepada warga setempat bahwa ada orang Israel yang menginginkan perdamaian," tambah Svetlana.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com