Kompas.com - 30/12/2012, 18:05 WIB
|
EditorRusdi Amral

SYDNEY, KOMPAS.com - Seorang warga Australia didenda 500 dollar AS (sekitar Rp 5 juta) karena tersesat di hutan dan tidak membawa bekal yang memadai. Pria asal negara bagian Victoria tersebut hari Rabu (26/12/2012) melakukan perjalanan di kawasan Blue Mountain, di negara bagian New South Wales dengan hanya membawa satu kilogram kentang dan roti naan.

Ketika ditinggal oleh temannya di kawasan Newness, dekat Lithgow, dia mengatakan akan sampai ke tempat tujuan di Colo Heights dalam waktu tiga hari. Namun hari Sabtu (29/12/2012) ketika pria berusia 29 tahun tersebut tidak sampai ke tempat tujuan, teman-temannya mengontak polisi yang kemudian mengerahkan dua helikopter untuk melakukan pencarian.

Menurut kantor berita Australa AAP, helikopter polisi Polair 2 menemukan jejak pria tersebut sedangkan helikopter lainnya Polair 3 kemudian menaikkannya dari kawasan hutan. Menurut polisi, pria tadi mengalami cedera pergelangan kaki, namun dia tidak mau dibawa ke rumah sakit. 

Di kantor polisi, dia dikenai denda karena membahayakan diri sendiri dan juga tim pencari. "Kami menyimpulkan dia membahayakan dirinya sendiri dan juga tim penyelamat karena kurangnya perencanaan dan persiapan, dan juga bekal yang kurang." kata komandan tim penyelamat Brenton Charlton.

"Dia hanya membawa satu kilogram kentang dan roti Naan." Charlton mengatakan, jalur yang hendak dilalui pria tadi merupakan medan yang sulit dan diperlukan waktu lebih lama dari yang diperkirakannya. "Melakukan perjalanan di hutan sebenarnya mudah. Semua orang harus memberitahu polisi atau orang lain mengenai rencana perjalanan mereka, dan membawa alat penentu lokasi. Menggunakan teknologi yang tersedia, dan juga persiapan yang memadai akan menjadi pembeda hidup dan mati." lanjut Charlton.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.