Kompas.com - 29/12/2012, 16:06 WIB
|
EditorFarid Assifa

YOGYAKARTA, KOMPAS.com -- Empat mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada (UGM) yang kehabisan logistik saat mendaki di Gunung Merapi Jumat (28/12) malam, sudah kembali berkumpul bersama rekan-rekannya di Gelanggang Mahasiswa UGM, Sabtu (29/12) pagi. Keempat pendaki tersebut dibawa oleh Tim SAR DIY dari pos pendakian Gunung Merapi jalur Selo, Boyolali, Jawa Tengah.

Kemarin malam, Tim SAR DIY menerjunkan 17 anggota untuk membantu melakukan penyisiran di Lereng Gunung Merapi. Setelah melakukan pencarian, 2 di antara mahasiswa tersebut, yakni Candhra dan Seto sekitar pukul 21.00 WIB berhasil ditemukan. Kemudian sekitar pukul 23.00 WIB, Tim menemukan Fatah dan Mario di daerah Batu Gajah, Boyolali. Kedua pendaki tersebut ditemukan dalam kondisi lemas, kedinginan dan kekurangan logistik.

Sebelumnya, empat mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada (UGM), Jumat (28/12) malam dinyatakan tersesat di Gunung Merapi. Empat mahasiswa itu antara lain Fatah (19), Mario (19), Chandra (19), dan Seto (19) .

Keempat mahasiswa Fakultas Ekonomi UGM tersebut berangkat dari Yogyakarta, Kamis (27 /12) sekitar pukul 21.00 WIB dengan tujuan mendaki Gunung Merapi melewati jalur pendakian Selo, Boyolali, Jawa Tengah.

Ketua Tim Search and Rescue (SAR) Barameru Kecamatan Selo, Boyolali, Jawa Tengah, Syamsuri mengatakan, setelah ditemukan, keempat mahasiswa itu langsung mendapat perawatan di posko Barameru sebelum dibawa ke Yogyakarta.

"Cuaca di Gunung Merapi baru tidak bersahabat, jadi harus berhati-hati. Semua pendaki diharapkan lapor ke Tim SAR, agar kita bisa memantau. Kalau memang kondisi cuaca di atas tidak mendukung, mending jangan diteruskan mendaki ," tegasnya. Syamsuri juga mengimbau agar semua masyarakat yang akan melakukan pendakian, membawa perbekalan serta peralatan yang lengkap.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.