Terungkap, Nilai "Uang Damai" RIM ke Nokia

Kompas.com - 28/12/2012, 14:40 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

AFPNokia

KOMPAS.com  Produsen BlackBerry Research in Motion (RIM) telah meneken perjanjian lisensi paten dengan Nokia pada Jumat (21/12/2012). Perjanjian ini berawal dari tuntutan Nokia atas teknologi jaringan nirkabel (wireless-LAN) miliknya yang dipakai di seluruh perangkat RIM dan bisa mengancam perangkat BlackBerry 10 yang akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Yang belum diketahui ketika itu adalah nilai perjanjian RIM dengan Nokia. Kini, dokumen FORM 6-K yang diajukan RIM ke Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) Amerika Serikat mengungkapkan jumlah 65 juta dollar AS atau sekitar Rp 627 miliar.

Angka tersebut adalah jumlah biaya sekali bayar (one-time payment) yang tercakup dalam laporan kuartal ketiga tahun fiskal 2013 RIM.

Dokumen itu tidak menjelaskan informasi finansial lain terkait perjanjian RIM-Nokia. Publik harus menunggu hingga tahun depan utuk mengetahui apabila RIM juga harus membayar biaya tahunan di samping one-time payment tersebut.

Nokia sendiri telah membatalkan semua tuntutan hukum atas RIM setelah tercapainya perjanjian itu sehingga BlackBerry 10 bisa melenggang bebas.

Perangkat BlackBerry 10 yang akan diluncurkan 30 Januari 2013 mendatang adalah harapan terakhir RIM untuk bisa melakukan comeback ke industri mobile yang kini didominasi oleh perangkat Android dan Apple. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    25th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X