Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jurang Fiskal Buat Data ekonomi AS Variatif

Kompas.com - 28/12/2012, 09:06 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa data dari Amerika Serikat tercatat variatif meskipun menunjukkan tanda-tanda perbaikan perekonomian di negeri itu. Variatifnya data ini diperkirakan karena masyarakat masih menunggu realisasi kesepakatan menghindari jurang fiskal di negeri itu.

Data pengangguran atau jobless claims di Negeri Paman Sam turun sebanyak 12.000 pada pekan yang berakhir pada 22 Desember 2012 lalu, rata-rata terendah lebih dari empat tahun terakhir. Pembelian rumah baru juga meningkat 4,4 persen pada bulan November tertinggi sejak April 2010.

Namun, menurut ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Lana Soelistianingsih, perbaikan data ini belum diikuti dengan consumer confidence yang justru turun pada bulan Desember ini. The Conference Board's sentiment index turun menjadi 65,1 dari 71,5, di bawah median ekspektasi analis sebesar 70.

Survei keyakinan konsumen yang dilakukan oleh Bloomberg - Bloomberg Consumer Comfort Index juga melemah dari minus 31,9 menjadi minus 32,1 pada minggu ketiga Desember. "Penurunan ini terkait dengan belum jelasnya solusi atas fiscal cliff yang hingga empat hari sebelum akhir tahun 2012 belum ada tanda-tanda kesepakatan," kata Lana di Jakarta, Jumat (28/12/2012).

Pertemuan antara Presiden Obama dan Joe Boehner selaku juru bicara Kongres dijadwalkan hari ini. Semalam waktu Indonesia, bursa di Wall Street ditutup melemah tipis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com