Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Ada Kesepakatan

Kompas.com - 28/12/2012, 03:06 WIB

WASHINGTON DC, KAMIS - Hingga hari Kamis (27/12), belum ada kesepakatan di kalangan Kongres untuk menghindari jurang fiskal yang bisa menjerumuskan perekonomian AS kembali ke resesi. Kebuntuan politik di Washington ini membuat banyak pihak khawatir.

Jika sampai malam Tahun Baru nanti kesepakatan belum tercapai, ketentuan pemotongan defisit anggaran negara AS yang disepakati sebelumnya akan otomatis berlaku. Dalam kesepakatan itu, defisit anggaran akan dipotong sebesar 671 miliar dollar AS.

Pemotongan defisit sebesar itu diperoleh dengan menaikkan pajak bagi hampir seluruh warga negara dan memotong anggaran belanja negara hingga 109 miliar dollar AS.

Dalam kondisi ekonomi AS yang belum pulih benar setelah terkena Resesi Besar 2008-2009, kenaikan pajak bagi hampir semua orang dan pemotongan anggaran belanja negara bisa menyebabkan kekuatan ekonomi terbesar di dunia itu kembali terpuruk.

Risiko itulah yang disebut ”jurang fiskal”.

Jika itu terjadi, dampaknya tidak hanya akan terasa di AS, tetapi juga bisa berpengaruh ke seluruh dunia.

Presiden Barack Obama telah memperpendek masa liburan di Hawaii untuk kembali mendorong tercapainya kesepakatan baru guna mengganti atau menunda penerapan ketentuan itu.

Saling menyalahkan

Namun, para anggota legislatif AS dari kubu Partai Republik dan Demokrat terkesan masih lebih suka menyalahkan satu sama lain daripada mencari kesepakatan.

Saat ini para senator dari Partai Demokrat sedang menyusun draf kesepakatan baru itu, yang kemudian harus disepakati di tingkat Senat AS. Setelah itu, kesepakatan tersebut juga harus disepakati di tingkat DPR AS.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com