Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Giliran Topan Wukong Terjang Filipina, 5 Tewas

Kompas.com - 27/12/2012, 10:33 WIB

MANILA, KOMPAS.com - Belum pulih dari terjangan topan Bopha yang menewaskan ratusan orang belum lama ini, Filipina kembali diterjang angin topan.

Kali ini topan Wukong yang menghantam Filipina Tengah, Kamis (27/12/2012), mengakibatkan lima orang tewas dan tiga orang lainnya hilang.

Tiga orang tewas setelah sebuah pohon menimpa kediaman mereka di PUlau Samar. Sementara korban tewas dan hilang lainnya karena hanyut terbawa arus sungai yang meluap. Demikian petugas Pertahanan Sipil Regional Maria Nogra.

Jumlah korban yang relatif sedikit ini, lanjut Maria, disebabkan warga sudah mulai melakukan tindakan antisipasi seperti mengungsi lebih awal karena belajar dari musibah topab Bopha.

"Warga sudah bersiap menghadapi bencana. Mereka bahkan sudah mengungsi sebelum topan menghantam. Mereka sudah melihat akibat Bopha," ujar Maria.

Topan Wukong menerjang Filipina Tengah tepat pada hari Natal lalu, membawa embusan angin kencang dan hutan deras. Namun, kini kekuatan angin sudah berkurang bersaamaan dengan bergeraknya Wukong ke arah lain. Diperkirakan Kamis (27/12), Wukong akan menghantam ujung barat Pulau Palawan.

Meski Wukong bukan topan yang terlalu kuat, namun sekitar 6.000 orang masih bertahan di lokasi-lokasi pengungsian. Sejumlah jembatan dan jalan raya hingga kini juga masih sulit dilalui.

Filipina dihantam rata-rata 20 angin topan setiap tahun yang terjadi biasanya di musim hujan antara Juni hingga Oktober.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com