Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seluruh Dunia Mendukung Nelson Mandela

Kompas.com - 23/12/2012, 03:27 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma mengatakan kalau seluruh dunia mendukung dan memberi semangat kepada Nelson Mandela. Zuma menurut warta AP pada Sabtu (22/12/2012) pagi memang bertandang ke RS Pretoria. Di RS itu, mantan Presiden Nelson Mandela tengah menjalani perawatan.

"Saya meyakinkan kalau seluruh Afrika Selatan, baik yang tua maupun muda, dan bahkan seluruh dunia, mendukung Nelson Mandela," katanya.

Nelson Mandela masuk rumah sakit sejak Sabtu (8/12/2012) karena penyakit infeksi paru. Mandela juga sudah mengalami operasi pengangkatan batu di empedunya.

Nelson Mandela, tokoh gaek berusia 94 tahun itu, dalam kondisi membaik hingga kini. "Saya minta rakyat Afrika Selatan terus-menerus mendoakan Madiba (nama kecil Nelson Mandela," kata Jacob Zuma. Sejak diangkat menjadi Presiden Afrika Selatan, Jacob Zuma hingga kini sudah dua kali membesuk Nelson Mandela.

Menghabiskan 27 tahun di penjara, Nelson Mandela menjadi presiden pertama Afrika Selatan yang dipilih secara demokratis pada 1994. Perjuangan Mandela sukses mengenyahkan politik apartheid alias pembedaan warna kulit di Afrika Selatan.

Catatan kesehatan Mandela menunjukkan adanya problem paru akibat menderita tuberkulosis (TBC) selama mendekam di penjara.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com