Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Australia Mengandung Alami di Usia 50 Tahun

Kompas.com - 22/12/2012, 16:50 WIB
L Sastra Wijaya

Penulis

BRISBANE, KOMPAS.com — Peluangnya untuk hamil alami adalah satu dalam beberapa juta. Namun, Anthea Nicholas menjadi ibu tertua di Australia yang melahirkan alami di usia 50 tahun. Sekarang, putranya, Nicholas "Nicky" Byrnes, sudah berusia 18 bulan, dan sehat.

Pada awalnya Anthea tidak menduga dia akan bisa hamil alami. Dengan hitungan sperma suaminya yang rendah, dan kemungkinan keguguran mencapai 85 persen, dan berbagai komplikasi lain yang mungkin terjadi, kelahiran putranya tersebut terasa seperti mukjizat bagi Anthea. Demikian laporan Adelaide Advertiser, Sabtu (22/12/2012).

Anthea yang sekarang berusia 51 tahun dan suaminya, Peter Byrnes (55), sama-sama merupakan pernikahan kedua. Keadaan mulai berubah ketika Peter harus mengubah diet dan gaya hidupnya setelah menderita gangguan kesehatan. Tampaknya perubahan diet itu yang membuat sperma Peter menjadi aktif lagi.

Ketika kemudian Anthea pergi ke dokter dengan keluhan keletihan dan perubahan hormonal lain, dokter mengatakan ini adalah pertanda menopause. Namun, suaminya menduga adanya kemungkinan lain ketika Anthea terus muntah-muntah.

Peter kemudian membeli alat tes kehamilan, tetapi Anthea menolak menggunakannya. Baru setelah beberapa minggu kemudian mereka mendapat kepastian bahwa Anthea hamil, dan Nicholas lahir lewat bedah caesar enam minggu lebih cepat pada 15 Juni tahun lalu.

"Kekhawatiran utama saya ketika sedang hamil adalah apakah dia akan sehat dan tidak akan mengalami hal-hal yang abnormal," kata Anthea.

Memiliki anak yang lahir lewat kehamilan normal di atas usia 50 tahun memang langka. Sebelumnya, pada tahun 1997 seorang wanita asal Inggris, Dawn Brooke, menjadi wanita tertua yang mengandung secara alami di usia 59 tahun.

Mengandung melalui inseminasi buatan masih memungkinkan bagi wanita sampai usia sekitar 70 tahun. Pada tahun 2008, dua wanita India menjadi wanita tertua yang melahirkan di usia 70 tahun lewat inseminasi buatan.

Menurut laporan koresponden Kompas di Australia L Sastra Wijaya, menjadi orangtua di usia di atas 50 tahun bagi Anthea dan Peter ada positif dan negatifnya. Keduanya yang tinggal di Sunshine Coast (Queensland) adalah orang yang sudah berhasil dalam usaha bisnis mereka sehingga kesejahteraan bukan lagi masalah. Namun, mengurusi bayi dan menghabiskan waktu dengan Nicholas kadang meletihkan bagi keduanya.

"Apakah kami capek? Ya. Apakah kami kadang frutrasi? Ya. Namun, ketika dia datang ke ranjang kami pagi-pagi, semuanya hilang." kata Anthea.

Pada awalnya, Anthea khawatir orang-orang akan mengira Nicky adalah cucunya. "Saya menduga hal itu akan terjadi. Ketika pergi ke taman bermain untuk pertama kali, saya sempat ragu-ragu sebelum kemudian jujur mengatakan saya adalah ibunya," tambah Anthea.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com