Kompas.com - 21/12/2012, 14:17 WIB
EditorErvan Hardoko

NEW YORK, KOMPAS.com - Dewan Keamanan PBB, Kamis (20/12/2012), menyetujui pengiriman pasukan militer Afrika untuk membantu Mali merebut kembali wilayah utara negeri itu yang kini dikuasai kelompok pemberontak Islam.

Dalam resolusinya, Dewan Keamanan memberikan mandat awal selama satu tahun untuk menggunakan "semua langkah yang diperlukan" untuk membantu pemerintah Mali merebut kembali wilayahnya yang dikuasai pemberontak.

Namun, ke-15 anggota DK PBB mengatakan kekuatan militer hanya bisa digunakan setelah upaya politik menemui jalan buntu. Selain itu, semua gerakan militer atau serangan harus mendapat persetujuan sebelum dilaksanakan.

Negara-negara Afrika Barat mengatakan sudah mempersiapkan sekitar 3.300 personil militer untuk berangkat ke Mali untuk membantu negeri itu. Pengiriman pasukan itu diharapkan sudah bisa dilakukan sebelum September 2013.

Pemberontak Tuareg dan kelompok militan Islam yang terkait Al-Qaeda memanfaatkan kudeta pada Maret lalu untuk menguasai wilayah utara yang luas. Bahkan kelompok militan sudah memberlakukan Syariah Islam di wilayah yang dikuasainya saat ini.

Menteri Luar Negeri Mali Tieman Coulibaly menyambut baik keputusan DK PBB ini dan menyebutnya sebagai sebuah langkah bersejarah dalam perang melawan Al-Qaeda di Afrika Utara dan para sekutunya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.