Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut Tertipu Lagi, Kim Jong-un Dapat Gelar Person of the Year

Kompas.com - 20/12/2012, 11:40 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com Belum lama ini dia terpilih sebagai pria terseksi sejagad. Sekarang pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un, terpilih sebagai "Man of the Year" versi majalah Time, kata sejumlah laporan berita terbaru yang menganggap informasi salah di sebuah media online sebagai fakta.

Jutaan warga Korea Utara diberi tahu Korean Central News Agency, kantor berita negara itu, pada pekan ini bahwa pemimpin mereka telah dipilih majalah Time sebagai "Man of the Year". Pada kenyataannya, Presiden AS Barack Obama yang mendapat gelar Person of the Year itu tahun ini. Ini kali kedua Obama diberi penghargaan itu oleh para editor majalah tersebut.

Kantor berita Korea itu tertipu oleh sebuah polling pembaca online di situs Time, yang telah diretas para hacker dari situs web 4chan dan membuat curang dengan memberikan 5,6 juta suara bagi pemimpin tertinggi Korea Utara itu.

"Majalah Amerika, Time, memilih Yang Mulia Kim Jong-un sebagai 'Man of 2012'," kata Korean Central News Agency. "Majalah itu telah memilih dan menerbitkan 'Man of the Year' setiap tahun sejak tahun 1927. Tahun ini, majalah itu melakukan pemilihan secara online bagi para pembacanya, termasuk para politisi, pengusaha, artis, olahragawan, dan penyiar untuk tahun ini. Lebih dari 5,6 juta orang, jumlah terbesar, memilih Kim Jong-un."

Berita konyol itu terjadi setelah harian Partai Komunis China bulan lalu melaporkan bahwa Kim Jong-un telah dinyatakan sebagai pria terseksi tahun 2012, setelah mengira penghargaan lucu-lucuan oleh situs satir AS, The Onion, sebagai perhargaan yang sungguhan.

Situs People's Daily menerbitkan kutipan kata demi kata sepanjang dua paragraf dari The Onion, serta galeri berjumlah 55 foto Kim Jong-un, yang mengambil alih kepemimpinan di Korea Utara setelah ayahnya Kim Jong-Il meninggal pada Desember lalu.

Situs Time mengatakan, Kim Jong-un telah mendapat sokongan dalam "jajak pendapat pembaca tentang Person of the Year yang sama sekali tidak ilmiah" dari para anggota forum internet seperti 4chan, yang "meluncurkan sebuah kampanye untuk memanipulasi hasil sehingga mendorong pemimpin Korea Utara itu berada di puncak daftar".

"Tidak buruk bagi seorang pria yang tidak pernah membuat penampilan di depan publik secara resmi hingga 2010," kata majalah itu.

Sebagai informasi, gelar Person of the Year versi Time ditentukan oleh para editor majalah tersebut, bukan oleh polling pembaca.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com