Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Barack Obama, Tokoh Majalah Time 2012

Kompas.com - 19/12/2012, 21:03 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Barack Obama akhirnya dinobatkan sebagai Person of the Year 2012 versi majalah Time.
Terpilihnya Obama tak lepas dari keberhasilannya menjadi presiden untuk masa jabatan kedua.

Kemenangan Obama itu karena dia dianggap sebagai simbol perubahan demografi AS di tengah tingginya angka pengangguran dan masalah-masalah lainnya.

Editor majalah Time, Rick Stengel mengumumkan hasil ini dalam program Today di stasiun televisi NBC, Rabu (19/12/2012).

"Dia (Obama) terpilih kembali meski angka pengangguran tertinggi selama 70 tahun terakhir. Dia adalah politisi Demokrat pertama yang memenangkan dua kali masa jabatan dengan perolehan suara di atas 50 persen," kata Stengel.

"Hal itulah yang tak pernah kami lihat sejak masa Franklin Delano Roosevelt," tambah Stengel mengacu pada presiden AS yang memerintah di masa depresi besar dan Perang Dunia II.

Obama, lanjut Stengel, mengalahkan aktivis remaja Pakistan Malala Yousafzai yang ditembak Taliban karena menganjurkan pendidikan untuk perempuan.

Nama-nama lain yang menjadi finalis termasuk Direktur Eksekutif Apple Tim Cook, Presiden Mesir Mohamed Morsi dan ilmuwan Fabiola Gianotti.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com