Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sukarelawan Polio di Pakistan Ditembaki

Kompas.com - 19/12/2012, 13:57 WIB

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Sejumlah serangan terbaru terhadap para sukarelawan pemberantasan penyakit polio kembali terjadi di sejumlah kawasan terpisah di barat laut Pakistan, Rabu (19/12/2012).

Di pinggiran kota Peshawar, beberapa orang bersenjata yang mengendarai sepeda motor menembaki dua orang sukarelawan yang sedang membagikan vaksin polio. Serangan ini mengakibatkan seorang sukarelawan mengalami luka serius. Demikian keterangan dokter Jan Baaz Afridi yang bertanggung jawab atas kampanye imunisasi polio di wilayah Khyber Pakhtunkhwa.

Kepala polisi Asif Iqbal memastikan serangan itu dan mengatakan polisi tengah melakukan investigasi motof serangan dan pelaku aksi ini.

Dua serangan lain terjadi di kota Nowshera dan Charsadda. Namun, para sukarelawan di dua kota itu selamat dan tak mengalami luka. Namun di kota Nowshera seorang warga terluka akibat serangan  itu.

Pakistan adalah satu dari tiga negara di dunia di mana polio masih menjadi penyakit endemik. Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah Pakistan -didukung PBB- meluncurkan kampanye imunisasi polio di seluruh negeri selama tiga hari.

Sayangnya aksi kekerasan selalu mewarnai kampanye imunisasi polio ini. Sejauh ini, satu sukarelawan tewas ditembak di Karachi pada Senin (17/12) dan empat lainnya tewas di Peshawar pada Selasa (18/12).

Upaya memberantas polio dan penyakit-penyakit lainnya di Pakitsan terhambat akibat adanya kecurigaan terhadap pemberian vaksinasi. Kelompok Taliban bahkan melarang pemberian vaksinasi di Waziristan. Taliban mengatakan pemberian vaksinasi itu hanyalah kedok yang digunakan para mata-mata pemerintah dan Barat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com