Kompas.com - 19/12/2012, 13:57 WIB
EditorErvan Hardoko

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Sejumlah serangan terbaru terhadap para sukarelawan pemberantasan penyakit polio kembali terjadi di sejumlah kawasan terpisah di barat laut Pakistan, Rabu (19/12/2012).

Di pinggiran kota Peshawar, beberapa orang bersenjata yang mengendarai sepeda motor menembaki dua orang sukarelawan yang sedang membagikan vaksin polio. Serangan ini mengakibatkan seorang sukarelawan mengalami luka serius. Demikian keterangan dokter Jan Baaz Afridi yang bertanggung jawab atas kampanye imunisasi polio di wilayah Khyber Pakhtunkhwa.

Kepala polisi Asif Iqbal memastikan serangan itu dan mengatakan polisi tengah melakukan investigasi motof serangan dan pelaku aksi ini.

Dua serangan lain terjadi di kota Nowshera dan Charsadda. Namun, para sukarelawan di dua kota itu selamat dan tak mengalami luka. Namun di kota Nowshera seorang warga terluka akibat serangan  itu.

Pakistan adalah satu dari tiga negara di dunia di mana polio masih menjadi penyakit endemik. Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah Pakistan -didukung PBB- meluncurkan kampanye imunisasi polio di seluruh negeri selama tiga hari.

Sayangnya aksi kekerasan selalu mewarnai kampanye imunisasi polio ini. Sejauh ini, satu sukarelawan tewas ditembak di Karachi pada Senin (17/12) dan empat lainnya tewas di Peshawar pada Selasa (18/12).

Upaya memberantas polio dan penyakit-penyakit lainnya di Pakitsan terhambat akibat adanya kecurigaan terhadap pemberian vaksinasi. Kelompok Taliban bahkan melarang pemberian vaksinasi di Waziristan. Taliban mengatakan pemberian vaksinasi itu hanyalah kedok yang digunakan para mata-mata pemerintah dan Barat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.