Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peretas "E-mail" Selebriti Dipenjara 10 Tahun

Kompas.com - 18/12/2012, 12:03 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com — Seorang peretas asal Jacksonville, Florida, Christopher Chaney, dijatuhi hukuman penjara 10 tahun karena membobol surat-surat elektronik pribadi milik sejumlah selebriti seperti Scarlett Johansson dan Christina Aguilera.

"Sangat sulit untuk dipahami pola pikir seseorang yang melakukan semua ini. Ini adalah perbuatan yang sangat jahat dan sama seriusnya dengan penguntitan fisik," kata Hakim S James Otero seperti dilaporkan AP.

Dalam sidang itu, Chaney mengaku telah melakukan penyadapan dan pembobolan surat-surat elektronik para selebriti itu. Jaksa penuntut mengatakan, Chaney melakukan peretasan setidaknya terhadap lebih dari 50 orang selebriti.

"Saya tak tahu lagi apa yang harus saya katakan selain meminta maaf. Jika saya dihukum tidak boleh menggunakan komputer lagi, saya tak peduli," kata Chaney.

Sebelumnya, Scarlet Johansson, Christina Aguilera, dan Mila Kunis mengizinkan identitas mereka diungkap demi memberantas masalah peretasan internet seperti ini.

Chaney, yang awalnya menyatakan tidak bersalah, ditahan pada 2011 setelah FBI melakukan penyelidikan selama satu tahun atas peretasan surel milik para selebriti ini. Operasi penyelidikan itu disebut Operasi Hackerazzi.

Chaney mengakui, dia membobol surat elektronik pribadi targetnya dengan menekan fitur "lupa kata sandi" dan kemudian menjawab pertanyaan keamanan dengan menggunakan informasi terkait para selebriti itu yang dia peroleh di internet.

Setelah berhasil mengendalikan akun para selebriti itu, Chaney lalu mengambil foto-foto pribadi mereka, kontrak bisnis, naskah, dan dokumen-dokumen lain.

Dia juga menelusuri daftar kontak milik para selebriti itu untuk mencari korban selanjutnya. Chaney bahkan tak jarang berpura-pura menjadi teman korbannya untuk meminta foto yang lebih personal.

Chaney kemudian menyebar foto-foto yang diperolehnya, termasuk foto telanjang Scarlet Johansson, ke situs-situs gosip dengan cara mengirimkan foto-foto itu melalui internet.

Kepada majalah Vanity Fair tahun lalu, Johansson mengatakan, foto-foto seronoknya itu sebenarnya ditujukan untuk suaminya, Ryan Reynolds.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com