Kompas.com - 18/12/2012, 12:03 WIB
EditorErvan Hardoko

LOS ANGELES, KOMPAS.com — Seorang peretas asal Jacksonville, Florida, Christopher Chaney, dijatuhi hukuman penjara 10 tahun karena membobol surat-surat elektronik pribadi milik sejumlah selebriti seperti Scarlett Johansson dan Christina Aguilera.

"Sangat sulit untuk dipahami pola pikir seseorang yang melakukan semua ini. Ini adalah perbuatan yang sangat jahat dan sama seriusnya dengan penguntitan fisik," kata Hakim S James Otero seperti dilaporkan AP.

Dalam sidang itu, Chaney mengaku telah melakukan penyadapan dan pembobolan surat-surat elektronik para selebriti itu. Jaksa penuntut mengatakan, Chaney melakukan peretasan setidaknya terhadap lebih dari 50 orang selebriti.

"Saya tak tahu lagi apa yang harus saya katakan selain meminta maaf. Jika saya dihukum tidak boleh menggunakan komputer lagi, saya tak peduli," kata Chaney.

Sebelumnya, Scarlet Johansson, Christina Aguilera, dan Mila Kunis mengizinkan identitas mereka diungkap demi memberantas masalah peretasan internet seperti ini.

Chaney, yang awalnya menyatakan tidak bersalah, ditahan pada 2011 setelah FBI melakukan penyelidikan selama satu tahun atas peretasan surel milik para selebriti ini. Operasi penyelidikan itu disebut Operasi Hackerazzi.

Chaney mengakui, dia membobol surat elektronik pribadi targetnya dengan menekan fitur "lupa kata sandi" dan kemudian menjawab pertanyaan keamanan dengan menggunakan informasi terkait para selebriti itu yang dia peroleh di internet.

Setelah berhasil mengendalikan akun para selebriti itu, Chaney lalu mengambil foto-foto pribadi mereka, kontrak bisnis, naskah, dan dokumen-dokumen lain.

Dia juga menelusuri daftar kontak milik para selebriti itu untuk mencari korban selanjutnya. Chaney bahkan tak jarang berpura-pura menjadi teman korbannya untuk meminta foto yang lebih personal.

Chaney kemudian menyebar foto-foto yang diperolehnya, termasuk foto telanjang Scarlet Johansson, ke situs-situs gosip dengan cara mengirimkan foto-foto itu melalui internet.

Kepada majalah Vanity Fair tahun lalu, Johansson mengatakan, foto-foto seronoknya itu sebenarnya ditujukan untuk suaminya, Ryan Reynolds.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X