Kompas.com - 18/12/2012, 09:16 WIB
|
EditorRusdi Amral

MELBOURNE, KOMPAS.com — Perusahaan penerbangan murah AirAsia dikenai denda besar karena tidak memasukkan informasi mengenai pajak dan biaya lainnya di situs mereka. Perusahaan asal Malaysia tersebut dikenai denda 200.000 dollar (lebih dari Rp 2 miliar) oleh pengadilan federal di Melbourne, Selasa (18/12/2012), karena melanggar Undang-Undang Konsumen Australia.     

Komisi Konsumer dan Kompetisi Australia (ACCC) mengatakan, kasus ini muncul setelah selama 10 bulan situs www.airasia.com tidak menampilkan harga tiket yang sudah termasuk semua pajak, fee, beban, dan biaya keharusan lain "dalam satu angka dan jelas", demikian laporan situs news.com.au.

Menurut laporan koresponden Kompas di Australia, L Sastra Wijaya, denda ini berkenaan dengan penerbangan dari Melbourne ke Macau, London, Ho Chi Minh City, New Delhi, Hangzhou, dan Chengdu. Juga penerbangan dari Perth ke Taipei, Phuket, Osaka, London, Ho Chi Minh City, dan Hangzhou serta dari Gold Coast ke Ho Chi Minh City.

Hakim Tracey dalam keputusannya mengatakan, pencantuman harga pasti sangat penting karena harga itulah yang menarik minat pertama kali bagi konsumen. Sering kali, calon penumpang terpaksa harus membayar biaya tambahan tersebut karena tidak dicantumkan sebelumnya daripada harus mencari penerbangan lain.       

Hakim juga mengatakan karenanya AirAsia juga memiliki keuntungan dibandingkan dengan perusahaan lain yang patuh dengan aturan. Selain dikenai denda, AirAsia Berhad juga mengatakan tidak akan melakukan tindakan serupa selama tiga tahun ke depan.       

"Tindakan yang diambil ACCC menunjukkan betapa pentingnya mencantumkan harga penuh." kata ketua ACCC Rod Sims. "Konsumen harus mendapatkan informasi harga yang akurat dan semua perusahaan penerbangan harus menjalankan kebijakan serupa karena di industri ini harga tiket menjadi faktor penarik paling utama."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.