Kompas.com - 17/12/2012, 14:19 WIB
EditorEgidius Patnistik

TOKYO, KOMPAS.com - Bursa saham Jepang meningkat dan yen melemah setelah hitungan cepat mengindikasi kemenangan bagi Partai Liberal Demokratik pimpinan Shinzo Abe dalam pemilihan umum Jepang.

Indeks Nikkei 225 naik 1,5 persen dan kurs Jepang turun menjadi 84,48 yen atas dolar AS, terendah dalam 20 bulan terakhir.

Abe sebelumnya mengatakan dia akan membuat kebijakan untuk membangkitkan kembali negara ekonomi terbesar ketiga ekonomi dunia ini, yang saat ini tengah mengalami penurunan pertumbuhan.

Dia juga berjanji untuk mengambil langkah untuk melemahkan yen dan berjuang atas deflasi.

"Kemenangan besar Partai Liberal Demokratik, LDP, sesuai dengan perkiraan pasar dan akan membantu untuk membuat yen lemah dan meningkatkan harga saham, setidaknya untuk saat ini,'' kata Kyohei Morita, kepala ekonom Sekuritas Barclays Jepang.

Kemudahan tak terbatas?

Ekonomi Jepang terpukul oleh banyak faktor dalam beberapa tahun terakhir, salah satunya penguatan mata uang yen. Penguatan mata uang yen membuat produk Jepang lebih mahal bagi pembeli asing dan juga menggangu keuntungan eksportir, yang sangat bergantung pada penjualan asing untuk pertumbuhan

Kurs Jepang terus berubah dalam beberapa waktu terakhir dan meningkat hampir 6% atas dolar AS diantara April 2011 dan November 2012, meski sejumlah upaya dilakukan untuk mencoba melemahkannya.

Penguatan kurs ini menimbulkan kekhawatiran bahwa sejumlah manufaktur Jepang mungkin akan mengubah sebagian dari operasi mereka di luar negeri sebagai upaya untuk menjaga nilai saing mereka, sebuah kebijakan yang bisa lebih memukul ekonomi negara

Jepang juga tengah berjuang melawan deflasi atau kejatuhan harga selama beberapa tahun, yang mengganggu permintaan domestik, dan banyak konsumen yang tidak membeli dengan harapan bisa mendapatkan penawaran yang lebih baik di satu waktu berikutnya.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.