Bandara Peshawar Diserang Taliban

Kompas.com - 17/12/2012, 04:57 WIB
Editor

peshawar, minggu - Serangan bunuh diri dan tembakan roket Taliban yang mengincar jet tempur dan helikopter di bandar udara internasional Peshawar, Pakistan, Sabtu (15/12) malam, menewaskan 9 orang dan 45 orang terluka. Serangan itu mempermalukan otoritas keamanan yang lalu memburu kelompok pelaku hingga lima militan tewas, Minggu.

Petugas keamanan Pakistan fokus mengejar tersangka terakhir yang melakukan serangan mematikan di bandara. Tiga anggota Taliban tewas ditembak. Dua tersangka lainnya meledakkan diri karena terpojok dalam baku tembak dengan polisi sejak Sabtu malam seusai menyerang bandara.

Terkait serangan Sabtu malam di bandara, Menteri Informasi Provinsi Khyber Pakhtunkhwa di Peshawar, Mian Iftikhar Hussain, mengatakan, penyerang menembakkan tiga roket ke bandara. Roket ketiga mendarat dekat gedung pemerintah di luar tembok bandara.

Militer menyatakan, para penyerang juga meledakkan sebuah bom mobil di luar tembok di sekitar bandara. Sembilan orang yang tewas dalam insiden itu terdiri dari 5 anggota Taliban dan 4 warga sipil. Insiden itu cukup mencemaskan Pemerintah Pakistan.

Umar Ayub, pegawai rumah sakit Peshawar, mengatakan, warga sipil yang tewas dan terluka adalah penduduk yang tinggal di sekitar bandara. Taliban mengklaim sebagai pelaku. Bandara ini merupakan basis militer terbesar ketiga yang diserang Taliban dalam kurun 18 bulan ini.

Tidak dijelaskan, apakah anggota Taliban yang tewas itu warga Pakistan atau warga asing. Terkait dengan pelayanan, juru bicara otoritas penerbangan sipil, Perves George, menuturkan, bandara itu ditutup sementara.

(AP/AFP/CAL)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.