Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahap Pertama Referendum Tuntas

Kompas.com - 16/12/2012, 08:04 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Tahap pertama pemilihan terkait referendum terhadap konstitusi Mesir tuntas pada Sabtu (14/12/2012) pukul 23.00 waktu setempat. Awalnya, penutupan tahap pertama itu dilaksanakan pukul 19.00.

Pada tahap pertama ini, wilayah yang sudah selesai melaksanakan pemilihan adalah Kairo, Alexandria, Daqahlya, Gharbeya, Sharqeya, Assiut, Souhag, Aswan, Sinai Utara, dan Selatan. Pada sesi kedua, minggu depan, pemilihan akan berlangsung di wilayah-wilayah sisanya.

Sementara itu, Komisi Pemilihan Tinggi Mesir mengatakan, hasil referendum keseluruhan akan diumumkan pascapelaksanaan tahap kedua selepas Sabtu (22/12/2012). MENA melaporkan hal ini.

Selama pelaksanaan pemilihan, tercatat 19 orang terluka lantaran bentrokan. Pihak Kementerian Kesehatan mengatakan tengah melakukan penyelidikan terkait insiden tersebut.

Sementara itu, partai oposisi, Waft melaporkan kalau gedungnya di pusat kota Kairo dilempar bom molotov oleh anggota kelompok Muslim. Dilaporkan ada satu orang terluka dalam kejadian itu.

Menurut dekrit yang dikeluarkan Presiden Mohammed Morsi, andai rancangan konstitusi itu diveto, 100 anggota konstituante akan dibentuk untuk menulis rancangan baru lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com