Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Umur Pasukan NATO di Afganistan Tinggal Setahun

Kompas.com - 16/12/2012, 01:35 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Presiden Afganistan Hamid Karzai mengingatkan umur pasukan asing pimpinan NATO tinggal setahun lagi. "Pada 2014, pasukan keamanan Afganistan yang bertanggung jawab menjaga negerinya sendiri," kata Karzai di istana kepresidenan Kabul, ibu kota Afganistan, Sabtu (15/12/2012).

Karzai mengatakan hal itu di sela-sela pertemuan dengan para duta besar dan diplomat. "Tak ada lagi keraguan pascamundurnya pasukan asing. Tahun 2014 adalah perubahan baru bagi hubungan Afganistan dengan dunia," imbuhnya.

Lebih lanjut, menurut Hamid Karzai, penarikan pasukan asing tidak memberi pengaruh pada situasi keamanan nasional. Meski, dia mengakui, kontribusi pasukan asing masih besar bagi stabilitas keamanan di Afganistan.

Transisi penjagaan keamanan di Afganistan dihelat pada pertengahan 2011. Tenggatnya pada akhir 2014. Pada 2013, kementerian pertahanan Afganistan masih melengkapi proses peralihan tersebut.

Soal hubungan internasional, Hamid Karzai mengatakan AS adalah sekutu penting bagi Afganistan di dunia. "Sementara, India adalah sekutu penting di kawasan," tutur Karzai.

Saat ini, aku Karzai, Afganistan juga tengah mematangkan relasinya dengan Rusia dan China. Sementara, untuk negara-negara kawasan, hubungan yang makin baik terjalin antara Afganistan dengan Iran dan Pakistan, terang Karzai sebagaimana warta AP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com