Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penembakan di Connecticut, Obama Perintahkan Pengibaran Bendera Setengah Tiang

Kompas.com - 15/12/2012, 16:34 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Barack Obama memerintahkan pengibaran bendera setengah tiang untuk menghormati para korban yang tewas dalam tragedi penembakan brutal yang terjadi di sebuah sekolah dasar di Newtown, Negara Bagian Connecticut, AS, Jumat 14/12/2012).

"Untuk menghormati para korban dalam peristiwa mengerikan yang terjadi pada 14 Desember di Newtown, Connecticut, saya meminta kapada seluruh warga negara Amerika untuk mengibarkan bendera setengah tiang sampai dengan 18 Desember," seru Obama dalam sebuah pernyataan yang disampaikan di Gedung Putih.

Obama meminta bendera setengah tiang dikibarkan tidak hanya di Gedung Putih, ruang-ruang publik, dan pangkalan militer, tapi juga di kapal-kapal angkatan laut AS dan seluruh kedutaan dan perwakilan Amerika di seluruh dunia.

Obama terlihat emosional saat menyampaikan pernyataannya di Gedung Putih yang disiarkan seluruh televisi di Amerika. Ia terlihat tak mampu berkata-kata dan memalingkan wajahnya dari kamera selama sekian detik.

"Setiap kali saya mendengar tragedi yang sama, saya tidak menempatkan diri saya sebagai seorang presiden, tapi sebagai seorang ayah. Sebagian besar mereka yang tewas dalam tragedi itu adalah anak-anak berusia lima hingga 10 tahun," ujar dia.

"Sebelum tragedi ini, seharusnya ada banyak yang yang bisa mereka lakukan di masa depan mulai dari perayaan ulang tahun, pesta kelulusan, menikah, hingga memiliki anak," lanjut Obama. Ia kemudian terdiam lagi, menarik napas berat, dan menyeka air matanya sebelum meleleh dari pelupuk mata.

Obama kembali mengenang tragedi serupa yang terjadi sepanjang 2012 di Oregon, Wisconsin, dan Colorado. "Kita harus melangkah bersama dan mengambil segala upaya yang diperlukan agar tragedi yang sama tidak terulang lagi," katanya.

Seperti diberitakan, Adam Lanza, seorang pemuda pemalu berusia 20 tahun, menembaki para siswa di sekolah sekolah dasar di Connecticut. Sebanyak 20 orang siswa dan enam orang dewasa tewas dalam peristiwa itu. Sebelumnya, Adam juga menembak ibunya yang adalah guru di sekolah itu. Usai melakukan aksi sadisnya, Adam menembak dirinya hingga tewas.

Untuk mengikuti perkembangan berita ini silakan ikuti topik: Pembantaian di Sekolah AS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com