Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rentetan Pembantaian di Sekolah AS

Kompas.com - 15/12/2012, 11:24 WIB

NEW York, KOMPAS.com — Penembakan brutal di Sekolah Dasar Sandy Hook di Newtown, Connecticut, Jumat (14/12/2012) waktu setempat, menambah deretan sejarah aksi koboi di Amerika Serikat. Sejak tahun 1966, tercatat ada 10 penembakan terbesar yang terjadi di sekolah atau kampus.

Penembakan di sekolah atau kampus yang teranyar adalah terjadi di Virginia Tech, Blacksburg, Virginia, pada 16 April 2007. Tercatat ada 32 korban tewas, termasuk pelakunya, Seung Hui Cho (23).

Saat itu, Cho yang juga mahasiswa di Virginia Tech, menembak dua mahasiswa di asrama mahasiswa. Setelah itu, dia menuju ke kelas-kelas dan menembakkan secara brutal dua senjata api di dua tangannya. Selanjutnya, dia memuntahkan pelurunya ke dirinya sendiri.

Berikut sembilan peristiwa pembantaian di sekolah dalam sejarah AS.

1. 1 Agustus 1966 di University of Texas, Austin, Texas. Tercatat ada 16 orang tewas. Pelakunya seorang mantan penembak jitu dari Angkatan Laut AS bernama Charles Whitman (25). Dia menembakkan senjatanya dari menara kampus.

2. 20 April 1999 di Columbine High School, Littleton, Colorado. Eric Harris (18) dan temannya Dylan Klebold (17) menembakkan senjata secara membabi buta di halaman sekolah. Setelah menewaskan 11 orang, kemudian keduanya bunuh diri di perpustakaan.

3. 21 Maret 2005 di Red Lake High School, Red Lake, Minnesota. Pelakunya bernama Jeffrey Weise (17). Dia membunuh delapan orang, termasuk kakeknya, sebelum kemudian dia menembak dirinya juga.

4. 1 November 1991 di University of Iowa. Gang Lu (27), alumnus di kampus ini, membunuh empat orang dengan revolver kaliber 38. Mahasiswa asal China ini marah karena disertasi doktoralnya tidak dinominasikan pada sebuah penghargaan pendidikan. Seperti yang lain, akhirnya dia bunuh diri.

5. 2 Oktober 2006 di sebuah sekolah kristen Amish, Nickel Mines, Pennsylvania. Charles Carl Roberts IV (32) menembak lima anak perempuan berusia 7 hingga 13 tahun. Dia juga berakhir dengan bunuh diri.

6. 24 Maret 1998 di Jonesboro, Arkansas. Pelakunya adalah bocah berusia 10 tahun bernama Mitchell Johnson dan Andrew Golden, 8 tahun. Membawa tujuh senjata api ke sekolah, keduanya menyalakan alarm kebakaran. Saat para siswa menyelamatkan diri dari pintu keluar, keduanya menembaki mereka. Tercatat ada empat orang tewas, termasuk seorang guru. Keduanya ditahan di rumah tahanan anak-anak dan dibebaskan pada 2005.

7. 17 Januari 1989 di Sekolah Dasar Cleveland, Stockton, California. Patrick Edward Purdy memasuki halaman sekolah dasar tersebut dan menembakkan senjata semiotomatisnya. Lima anak-anak tewas dan 30 lainnya terluka, termasuk seorang guru. Lagi-lagi, pelaku bunuh diri.

8. 28 Oktober 2002 di University of Arizona. Robert Flores (40), seorang mahasiswa keperawatan, menembak lektor di kantornya, kemudian membunuh dua guru lainnya di ruang kelas sebelum dia membunuh dirinya.

9. 4 Mei 1970, Kent State University, Ohio. Empat orang mahasiswa yang melakukan protes antiperang ditembak mati oleh polisi antiteror.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com