Kompas.com - 14/12/2012, 15:49 WIB
EditorErvan Hardoko

BEIJING, KOMPAS.com — Seorang pria bersenjatakan pisau melukai 22 anak-anak dan seorang dewasa di luar sebuah sekolah dasar di desa Chengping, Provinsi Henan, China, Jumat (14/12/2012). Insiden ini terjadi sebelum pukul 08.00 waktu setempat.

Si penyerang, Min Yingjun (36), kini ditahan polisi. Demikian pernyataan seorang petugas polisi yang tak ingin disebutkan namanya.

Sementara itu, seorang petugas di rumah sakit Guangshan mengatakan, tersangka pertama kali menyerang seorang perempuan tua. Kemudian dia menyerang anak-anak siswa sekolah itu, sebelum diringkus penjaga keamanan yang memang disebar di berbagai sekolah China akibat maraknya aksi penyerangan terhadap siswa sekolah.

Sejauh ini belum diperoleh informasi terkait usia para siswa yang menjadi korban serangan. Namun, siswa sekolah dasar di China biasanya berusia 6-11 tahun.

Sebuah pengumuman diterbitkan di situs resmi pemerintah Guangshan yang memastikan jumlah korban luka dan mengatakan bahwa aparat keamanan telah ditugaskan untuk melakukan investigasi serangan itu.

Motif penyerangan juga belum diketahui. Namun, dalam kasus-kasus penyerangan sebelumnya biasanya pelaku menderita ganggan mental. Gangguan mental ini biasanya terjadi karena masalah pribadi atau tak mampu mengikuti perkembangan sosial yang cepat di China.

Salah satu kasus penyerangan paling buruk terjadi pada Maret 2010. Saat itu, seorang dokter berusia paruh baya menusuk hingga tewas delapan anak-anak. Sang dokter ini kecewa karena kegagalan kehidupan cintanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sepanjang 2010, insiden serangan terhadap anak sekolah di berbagai kota di China menewaskan 20 anak-anak dan melukai 50 orang lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.