Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Berpisau Serang Sekolah, 20 Anak-anak Luka

Kompas.com - 14/12/2012, 15:49 WIB

BEIJING, KOMPAS.com — Seorang pria bersenjatakan pisau melukai 22 anak-anak dan seorang dewasa di luar sebuah sekolah dasar di desa Chengping, Provinsi Henan, China, Jumat (14/12/2012). Insiden ini terjadi sebelum pukul 08.00 waktu setempat.

Si penyerang, Min Yingjun (36), kini ditahan polisi. Demikian pernyataan seorang petugas polisi yang tak ingin disebutkan namanya.

Sementara itu, seorang petugas di rumah sakit Guangshan mengatakan, tersangka pertama kali menyerang seorang perempuan tua. Kemudian dia menyerang anak-anak siswa sekolah itu, sebelum diringkus penjaga keamanan yang memang disebar di berbagai sekolah China akibat maraknya aksi penyerangan terhadap siswa sekolah.

Sejauh ini belum diperoleh informasi terkait usia para siswa yang menjadi korban serangan. Namun, siswa sekolah dasar di China biasanya berusia 6-11 tahun.

Sebuah pengumuman diterbitkan di situs resmi pemerintah Guangshan yang memastikan jumlah korban luka dan mengatakan bahwa aparat keamanan telah ditugaskan untuk melakukan investigasi serangan itu.

Motif penyerangan juga belum diketahui. Namun, dalam kasus-kasus penyerangan sebelumnya biasanya pelaku menderita ganggan mental. Gangguan mental ini biasanya terjadi karena masalah pribadi atau tak mampu mengikuti perkembangan sosial yang cepat di China.

Salah satu kasus penyerangan paling buruk terjadi pada Maret 2010. Saat itu, seorang dokter berusia paruh baya menusuk hingga tewas delapan anak-anak. Sang dokter ini kecewa karena kegagalan kehidupan cintanya.

Sepanjang 2010, insiden serangan terhadap anak sekolah di berbagai kota di China menewaskan 20 anak-anak dan melukai 50 orang lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com