Kompas.com - 14/12/2012, 15:07 WIB
EditorErvan Hardoko

BANGKOK, KOMPAS.com — Pemerintah Thailand, Jumat (14/12/2012), menyatakan akan meningkatkan pengamanan terhadap para guru di kawasan konflik Thailand Selatan setelah sebuah selebaran menyatakan ancaman kelompok militan untuk terus melakukan kekerasan terhadap para guru.

Pada Selasa (11/12/2012), dua orang guru tewas ditembak dalam aksi kekerasan terbaru terhadap para pengajar itu. Akibatnya, sebanyak 1.200 sekolah diliburkan di kawasan yang mayoritas dihuni warga muslim itu.

"Pemerintah harus mengintensifkan langkah-langkah pengamanan bagi para guru. Kelompok militan kerap mengincar guru karena menganggap sistem pendidikan adalah upaya Bangkok untuk memaksakan budaya Buddha," kata Menteri Pendidikan Thailand, Phongthep Thepkanjana.

"Kami sudah meningkatkan pengamanan untuk para guru ini," tambah Phongthep.

Dia berharap penambahan penjagaan untuk 20.000 guru di kawasan itu dapat membuat proses belajar kembali dibuka Senin mendatang.

Sebelumnya, selebaran yang tak ditandatangani kelompok apa pun itu berisi ancaman bagi para guru.

"Perang belum berakhir, jangan hitung dulu mayat guru," kata seorang guru Sanguan Intarak mengutip ancaman dalam selebaran gelap itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejak konflik bersenjata pecah di Thailand Selatan sembilan tahun lalu, sedikitnya 5.300 orang—umat Buddha dan Muslim—tewas. Di antara korban tewas itu, konflik terdapat 157 orang guru dan lebih dari 50 orang anak-anak.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.