Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalahkan Apple, Samsung Juara "Perangkat Pintar"

Kompas.com - 13/12/2012, 14:17 WIB

KOMPAS.com - Dalam sebuah laporan terbaru, lembaga riset IDC memberikan informasi soal keadaan pasar "smart connected device" - yaitu sebuah kategori yang mencakup komputer PC, laptop, tablet, dan smartphone- di kuartal ketiga 2012.

Temuan IDC menunjukkan bahwa pasar connected device secara global mengalami pertumbuhan year-on-year sebesar 27,1 persen di kuartal ketiga.

Samsung dan Apple tampil di urutan terdepan, masing-masing menempati posisi pertama dan kedua dalam hal jumlah pengiriman unit dan pangsa pasar.

Soal jumlah pengiriman kategori "connected device" ini, Samsung memimpin dengan 66,1 juta unit, disusul Apple dengan 45,8 juta unit. Kendati demikian, produk Apple memiliki nilai yang lebih tinggi.

"Harga jual rata-rata produk Apple 310 dollar AS lebih tinggi dari Samsung, tapi angka pengirimannya hanya berselisih 20 juta unit. Ini melambangkan kekuatan lini produk premium yang dijual Apple," ujar analis IDC Ryan Reith dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Cnet.

Artinya, konsumen tetap membeli produk Apple biarpun harganya mahal.

"Sementara itu, HP yang menarik diri dari pasar gadget mengalami penurunan market share dari 7,4 persen di kuartal ketiga 2011 menjadi 4,6 persen di kuartal ketiga 2012. Dalam kurun waktu itu jumlah shipment HP turun 20,5 persen," tulis IDC dalam laporannya.

HP memang masih mengandalkan produk PC tradisionalnya, berbeda dengan Apple dan Samsung yang telah memindahkan fokus ke smartphone dan perangkat tablet.

Lalu, bagaimana dengan tren pasar di masa depan? PC desktop dan laptop menguasai 39,1 persen pasar Connected Device tahun 2011. Pada 2016, IDC memprediksi angka tersebut akan turun menjadi tinggal 19,9 persen.

Sementara itu, smartphone disebut akan menjadi kategori produk yang "paling disukai", dengan penguasaan pasar 53,1 persen pada 2011 yang diprediksi akan tumbuh menjadi 66,7 persen di 2016. Dalam periode waktu yang sama, pangsa pasar perangkat tablet diperkirakan tumbuh dari 7,7 persen menjadi 13,4 persen.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com