Kompas.com - 13/12/2012, 09:06 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

SYDNEY, KOMPAS.com — Pendiri Wikileaks, Julian Assange, mengukuhkan bahwa dia akan mencalonkan diri untuk menjadi anggota senat dalam pemilihan umum Australia tahun depan. Ia pun mengumumkan pembentukan partai Wikileaks awal tahun depan.

Setelah hampir enam bulan berada di Kedutaan Ekuador di London, setelah meminta suaka politik, Assange mengatakan bahwa tidak akan ada perubahan apa pun dalam waktu dekat.

Meskipun dia memperkirakan bahwa Pemerintah Amerika Serikat akhirnya akan memutuskan menghentikan penyelidikan mengenai Wikileaks, Assange mengatakan hal itu mungkin masih beberapa tahun lagi.

Dalam wawancara dengan Fairfax Media, Rabu (12/12/2012), Assange mengatakan bahwa pengadilan terhadap seorang tentara Amerika, Bradley Manning, yang akan berlangsung bulan Maret akan mengungkapkan bagaimana pihak penuntut di AS merekayasa adanya konspirasi antara Manning dan Assange.

"Menghentikan penyelidikan oleh AS merupakan prioritas utama kami," kata Assange.

Mengenai pembentukan Partai Wikileaks, persiapan sudah memasuki tahap akhir. Assange mengatakan dia akan mencalonkan diri sebagai senator di Majelis Tinggi dan menambahkan sejumlah tokoh terkenal akan bersedia juga menjadi calon dari partai.

Assange mengatakan, dia akan memenuhi persyaratan sebagai calon luar negeri di Negara Bagian New South Wales atau Victoria dan dia dalam waktu dekat akan mengambil keputusan mengenai daerah pemilihannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut laporan koresponden Kompas di Australia, L Sastra Wijaya, syarat pembentukan partai di Australia adalah adanya 500 anggota dari daftar mereka yang wajib memilih.

Assange mengatakan, kehadiran Wikileaks di internet, dengan 1,7 juta pengikut di Twitter dan 2,1 juta likes di Facebook, dan pembentukan kelompok "friends of Wikileaks" akan mampu menarik dukungan dari publik Australia.

Dia mengatakan, tujuan partai Wikileaks adalah mempromosikan keterbukaan dalam pemerintahan dan politik, serta memerangi meningkatnya rongrongan ke dalam kehidupan pribadi seseorang.

Bila terpilih, tetapi tidak bisa menduduki jabatannya, seorang pengganti akan menduduki kursi senat tersebut.

Menurut jajak pendapat yang dilakukan UMR Research, perusahaan yang juga digunakan partai berkuasa, Partai Buruh, untuk jajak internal, mengatakan bahwa bila Assange mencalonkan diri, dia sangat berpeluang untuk memenangkan kursi senat baik di NSW ataupun di Victoria.

Assange sudah berada di kedutaan Ekuador sejak bulan Juni lalu, dalam usahanya menghalangi ekstradisi ke Swedia, tempat dia menghadapi tuduhan melakukan pemerkosaan.

Assange khawatir bila dia pergi ke Swedia, pihak berwenang di negara itu akan mengizinkan dia diekstradisi ke Amerika Serikat, untuk ditanyai berkenaan dengan bocoran ribuan dokumen diplomatik AS oleh Wikileaks.



25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X