Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panglima Militer Mesir Serukan Dialog Nasional

Kompas.com - 12/12/2012, 16:23 WIB

KAIRO, KOMPAS.com - Panglima militer Mesir Abdel Fattah al-Sisi menyerukan dialog nasional untuk menyelesaikan sengketa referendum rancangan undang-undang dasar baru.

Abdel Fattah al-Sisi menyerukan agar dialog nasional diadakan hari Rabu ini (12/12) yang melibatkan pihak-pihak yang terkait.

Fattah al-Sisi yang juga menjabat sebagai menteri pertahanan tersebut bersedia menjadi tuan rumah dialog yang rencananya akan diadakan di stadion ibukota.

"Menteri Pertahanan Abdel Fattah al-Sisi menyerukan kepada semua unsur masyarakat untuk mengadakan dialog nasional di Olympic Village," kata sumber-sumber militer seperti dikutip kantor berita Reuters.

Dia mengatakan dialog nasional tidak akan bersifat politis.

"Kita tidak akan berbicara mengenai politik dan tidak mengenai referendum. Kita akan duduk bersama sebagai rakyat Mesir," kata Panglima Angkatan Bersenjata Mesir. 

Demonstrasi di Istana

Seruan panglima untuk dialog tersebut dikeluarkan pada Selasa malam waktu setempat (11/12) ketika ribuan pendukung dan penentang Presiden Mohamed Morsi turun ke jalan-jalan.

Demonstrasi oposisi digelar di sejumlah lokasi di Kairo dan akhirnya peserta menyatu di sekitar istana presiden. Sebagian pemrotes berhasil menerobos barikade beton dan tank.

Wartawan BBC George Alagiah, yang berada di lokasi, melaporkan sebagian pengunjuk rasa bahkan berada di lingkungan istana presiden pasa Selasa malam.

Kelompok oposisi menentang rencana referendum rancangan konstitusi yang akan diadakan Sabtu mendatang, sementara kelompok lainnya menyuarakan dukungan kepada Presiden Morsi yang memerintahkan referendum itu.

Sebelumnya kubu yang menentang presiden juga menggelar protes besar menyusul dekrit yang memberikan kewenangan berlebihan kepada presiden dan mereka menuntut pembatalan dekrit.

Presiden Morsi telah mencabut dekrit itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com