Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Kanada Kirim Kartu Natal untuk Penjahat

Kompas.com - 12/12/2012, 12:32 WIB

VANCOUVER, KOMPAS.com — Apa yang dilakukan kepolisian kota Abbotsford, British Columbia, Kanada, bisa dikatakan unik. Kepala polisi kota yang terletak tak jauh dari Vancouver itu mengirimkan kartu Natal kepada para penjahat di kota itu.

Kartu Natal itu sudah dikirimkan pekan ini kepada para pelanggar hukum, pelanggar hak properti, serta untuk mereka yang terlibat narkotika dan aktivitas geng. Kartu itu memuat foto kepala polisi dengan pakaian Sinterklas, tetapi mengenakan rompi antipeluru, helm, dan menyandang senapan otomatis.

Isi kartu Natal itu sangat singkat dan sederhana.

"Anda ingin masuk daftar mana tahun depan?" meniru Sinterklas yang mencatat setiap kenakalan dan kebaikan yang dibuat anak-anak.

Pengiriman kartu Natal untuk para kriminal ini disebut Operasi Resolusi. Polisi berharap dengan kartu Natal itu para pelaku kriminal berpikir bahwa mereka masih memiliki pilihan untuk berbuat kebaikan. Di dalam kartu Natal itu tercantum nomor telepon yang bisa dihubungi para kriminal jika mereka ingin mengubah hidup.

Namun, reaksi masyarakat atas ide kartu Natal polisi ini beragam.

"Menggunakan foto Sinterklas dengan menyandang senjata adalah sebuah kesalahan," kata seorang pembaca harian The Province.

"Ide ini mengganggu jika saya masuk ke daftar anak nakal," ujar pembaca lainnya.

Berdasarkan data pemerintah Kanada, kota Abbotsford yang berpenduduk 170.000 jiwa itu memiliki angka pembunuhan per kapita tertinggi di Kanada pada 2008 dan 2009. Setelah sistem keamanan publik diperbaiki, angka kejahatan di kota itu menurun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com