Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Beri Sanksi kepada Sebuah Kelompok Pemberontak Suriah

Kompas.com - 12/12/2012, 05:19 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com Amerika Serikat, Selasa (11/12), memasukkan Front Al-Nusrah dalam daftar hitam dan mengenakan sanksi-sanksi terhadap para pemimpin mereka. Al-Nusrah merupakan sebuah kelompok pemberontak di Suriah yang punya hubungan dengan Al Qaeda di Irak (AQI).

Dengan menyebut kelompok itu sebagai organisasi teroris asing, Departemen Luar Negeri AS mengatakan kendatipun Front Al Nusrah menyebut dirinya sebagai bagian dari oposisi sah Suriah, "pada kenyataannya itu adalah satu usaha AQI membajak perjuangan rakyat Suriah untuk tujuan-tujuan mereka sendiri."

Kelompok itu mengklaim bertanggung jawab atas serangan bom bunuh diri yang menewaskan sejumlah orang, dan mengatakan mereka berharap akan menggantikan pemerintah empat dasawarsa keluarga Assad dengan sebuah negara Islam yang ketat.

Departemen Keuangan AS sementara itu mengumumkan sejumlah sanksi terhadap para pemimpin Al-Nusrah dan milisi yang mendukung pemerintah Presiden Bashar al-Assad. AS "akan menargetkan milisi-milisi pro-Bashar seperti halnya yang kami lakukan terhadap para teroris yang mengaku sebagai oposisi sah," kata David Cohen, wakil menteri urusan terorisme dan keuangan serta intelijen keuangan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com