Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Cahaya" Nelson Mandela Meredup

Kompas.com - 11/12/2012, 15:18 WIB

JOHANNESBURG, KOMPAS.com — Mantan Presiden Afrika Selatan dan pejuang anti-apartheid, Nelson Mandela, pada Selasa (11/12/2012), sudah empat hari dirawat di rumah sakit untuk menjalani sejumlah tes kesehatan.

Istri Mandela, Graca Michel, dalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi lokal, tidak menjelaskan secara rinci kondisi kesehatan Mandela. Dia hanya mengatakan sangat sedih melihat Mandela terlihat sangat tua.

"Maksud saya, semangat dan 'cahaya' Mandela semakin meredup," kata Michel kepada ENews Central Africa (ENCA) dalam wawancara pertamanya sejak Mandela dirawat di rumah sakit.

Sebelumnya, Pemerintah Afrika Selatan mengatakan, kondisi Mandela cukup baik di rumah sakit dan tidak menghadapi masalah apa pun. Namun, pemerintah menolak memperkirakan kapan Mandela bisa pulang dari RS Militer Pretoria.

"Melihatnya semakin tua, terkadang membuat saya sangat sedih. Tapi ini memang harus terjadi," tambah Machel.

Sementara itu, cucu Mandela, Ndileka, kepada stasiun televisi yang sama mengatakan, dia sudah memutuskan untuk menerima apa pun kondisi kakeknya.

"Saya kira kakek menerima kondisi ini sebagai bagian dari usia tua dan ini adalah bagian dari hidup manusia. Pada satu titik, Anda akan sangat tergantung pada orang lain, dan dia sudah sampai ke tahap itu," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com