Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pejabat Perempuan Afganistan Tewas Ditembak

Kompas.com - 10/12/2012, 13:49 WIB

KABUL, KOMPAS.com - Sekelompok orang bersenjata membunuh pejabat sementara Direktur Departemen Urusan Perempuan Afganistan, Nadia Sidiqi, Senin (10/12/2012), hanya beberapa bulan setelah pendahulunya tewas akibat serangan bom.

Nadia Sidiqi yang menjabar direktur untuk Provinsi Laghman di wilayah timur Afganistan ini tewas ditembak dua orang bersenjata saat hendak berangkat bekerja di atas sebuah becak motor.

"Kami sudah melakukan investigasi dan sudah menutup kawasan itu dan kami yakin segera bisa menangkap pelakunya," kata Kepala Kepolisian Laghman Ahmad Sherzad.

Sidiqi mengambil alih posisi direktur yang kosong setelah pendahulunya Hanifa Sari tewas akibat bom yang dipasangkan ke mobilnya pada Juli lalu.

Sejauh ini belum ada satu kelompok pun yang mengatakan bertanggung jawab atas serangan ini. Namun, kemungkinan besar pelakunya adalah kelompok Taliban yang tengah memerangi pemerintah Kabul yang didukung Barat.

Kelompok ini dikenal sangat mengekang hak-hak perempuan saat berkuasa di Afganistan 1996-2001 sebelum digulingkan invasi AS.

Awal bulan ini, seorang perempuan muda yang juga seorang sukarelawan kesehatan ditembak mati di luar rumahnya di Provinsi Kapisa yang berbatasan dengan Laghman.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com