Kompas.com - 10/12/2012, 13:49 WIB
EditorErvan Hardoko

KABUL, KOMPAS.com - Sekelompok orang bersenjata membunuh pejabat sementara Direktur Departemen Urusan Perempuan Afganistan, Nadia Sidiqi, Senin (10/12/2012), hanya beberapa bulan setelah pendahulunya tewas akibat serangan bom.

Nadia Sidiqi yang menjabar direktur untuk Provinsi Laghman di wilayah timur Afganistan ini tewas ditembak dua orang bersenjata saat hendak berangkat bekerja di atas sebuah becak motor.

"Kami sudah melakukan investigasi dan sudah menutup kawasan itu dan kami yakin segera bisa menangkap pelakunya," kata Kepala Kepolisian Laghman Ahmad Sherzad.

Sidiqi mengambil alih posisi direktur yang kosong setelah pendahulunya Hanifa Sari tewas akibat bom yang dipasangkan ke mobilnya pada Juli lalu.

Sejauh ini belum ada satu kelompok pun yang mengatakan bertanggung jawab atas serangan ini. Namun, kemungkinan besar pelakunya adalah kelompok Taliban yang tengah memerangi pemerintah Kabul yang didukung Barat.

Kelompok ini dikenal sangat mengekang hak-hak perempuan saat berkuasa di Afganistan 1996-2001 sebelum digulingkan invasi AS.

Awal bulan ini, seorang perempuan muda yang juga seorang sukarelawan kesehatan ditembak mati di luar rumahnya di Provinsi Kapisa yang berbatasan dengan Laghman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.