Kompas.com - 08/12/2012, 19:14 WIB
Penulis Ahmad Arif
|
EditorAgus Mulyadi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia, memberikan bantuan kemanusiaan sebesar 1 juta dollar AS, untuk korban bencana siklon tropis Bopha atau Pablo di Filipina.

Dana bersumber dari dana siap pakai penanggulangan bencana di Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Kepala Pusat Data, Humas, dan Informasi BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Sabtu (8/12/2012), mengatakan, bantuan ini sebagai rasa solidaritas sesama negara Asean dan untuk membantu Pemerintah Filipina, yang hingga saat ini masih kesulitan dalam menangani dampak bencana.

Bantuan akan diserahkan langsung oleh Panglima TNI kepada Pemerintah Filipina di Manila saat MoU kerjasama militer antara TNI dan tentara Filipina pada hari Senin (10/12/2012) di Manila. TNI juga memberikan bantuan makanan dan selimut.  

Hingga saat ini penanganan darurat masih dilakukan Pemerintah Manila. Tercatat 540 orang meninggal, sekitar 383 orang hilang, 28.587 rumah rusak, dan lebih dari 5,3 juta jiwa yang terdampak langsung oleh siklon Bopha.

Lebih dari 306.000 orang berada di tempat pengungsian. Perkiraan sementara kerusakan infrastruktur dan pertanian diperkirakan 100 juta dollar AS. Beberapa negara, seperti Malaysia, Australia, Selandia Baru, Korea Selatan, Kanada, dan Amerika Serikat juga menyampaikan komitmen untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada Pemerintah Filipina.

Kebutuhan barang yang diperlukan  adalah makanan siap saji, pakaian anak, selimut, senter, baterai, terpal, tikar, generator, air bersih dan air minum.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.