Kompas.com - 08/12/2012, 14:27 WIB
EditorErvan Hardoko

GAZA CITY, KOMPAS.com - Puluhan ribu orang akan menggelar aksi perayaan 25 tahun kelompok Islamis Palestina Hamas di Jalur Gaza, Sabtu (08/12/2012).

Pemimpin politik Hamas Khaled Meshaal dijadwalkan akan berpidato di hadapan massa dalam kunjungan pertamanya ke kawasan ini.

Meshaal mengunjungi Gaza menyusul gencatan senjata yang mengakhiri kekerasan berhari-hari antara Israel dan Hamas bulan lalu.

Sekitar 170 warga Palestina dan enam Israel tewas dalam kekerasan selama delapan hari tersebut.

Dia diperkirakan akan mengungkapkan strategi masa depan Hamas dan menggelar pertemuan rekonsiliasi dengan Fatah.

Hamas menyingkirkan Fatah dari Gaza dengan paksa pada tahun 2007 setelah memenangkan pemilu di sana. Fatah kini memiliki pemerintahan sendiri di bagian Tepi Barat.

Wartawan BBC di Kota Gaza mengatakan perayaan kali ini ditujukan untuk mengirimkan pesan bahwa, setelah 25 tahun Hamas adalah kekuatan yang harus diperhitungkan.

Mereka mendapatkan dukungan di Gaza dan merasa dukungan politik terhadap mereka semakin menguat setelah ketegangan di Arab membawa pemerintahan Islamis berkuasa.

Israel, AS dan Uni Eropa bagaimanapun menganggap Hamas sebagai bagian dari organisasi teroris.

Dalam aksi perayaan Sabtu di Gaza, juga akan diwarnai dengan arak-arakan sebuah replika besar roket Hamas yang ditembakkan ke Yerusalem dan Tel Aviv bulan lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.