Kompas.com - 07/12/2012, 23:00 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

BALI, KOMPAS.com — Tim gabungan polisi Indonesia dan Italia menangkap Antonio Messicati Vitale (40), seorang gembong Mafia Sisilia, yang menjadi buronan pihak berwajib Italia, di Bali, Jumat (7/12/2012) dini hari. Ia diduga telah bersembunyi di Bali selama enam bulan terakhir.

Menurut pernyataan yang disampaikan pihak kepolisian Indonesia dan Italia, Messicati Vitale ditangkap di vila mewah miliknya di kawasan Legian, Kuta, Bali, Jumat.

Dalam salah satu foto yang dirilis kepolisian Italia di Palermo, terlihat Vitale sedang bersantai di sebuah tempat di Bali, sambil mengenakan kacamata hitam, memegang rokok, dan novel The Lost Symbol karya Dan Brown.

Menurut petugas polisi Italia yang ikut dalam operasi penangkapan di Bali, Andrea Vitalone, Vitale diburu karena dugaan keterlibatan dalam sejumlah aksi kejahatan, termasuk pembunuhan, perdagangan manusia, dan perdagangan senjata ilegal.

Vitale saat ini diyakini menjadi kepala keluarga Villabate, salah satu klan Mafia Sisilia yang sangat ditakuti. Klan itu berperan besar dalam perang antargang berdarah di Palermo, Sisilia, pada tahun 1990-an.

Dia diduga melarikan diri dari Italia, saat polisi menggerebek kediaman klan Villabate di pinggiran Palermo, awal tahun ini. Menurut kantor berita Italia ANSA, polisi Italia curiga dia berada di Bali karena mengetahui beberapa anggota keluarganya bepergian ke Pulau Dewata itu dalam beberapa bulan terakhir.

Polisi Italia kemudian mengirimkan pemberitahuan kepada polisi Indonesia pada bulan November. Melalui penyadapan komunikasi terhadap para kerabat dan sekutunya, akhirnya keberadaan Vitale diketahui, dan operasi penangkapan pun disiapkan. Vitale kini akan dibawa kembali ke Italia. (AP/AFP/DHF)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.