Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Insiden Penembakan Tewaskan Enam Orang

Kompas.com - 07/12/2012, 20:34 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Insiden penembakan di Karachi, Pakistan, menewaskan sedikitnya enam orang. Kejadian itu sendiri terjadi di beberapa tempat di Karachi, tulis AP pada hari Jumat (7/12/2012).

Penembakan bermula pada pagi hari saat dua orang tewas ditembak di kawasan Haji Camp. Kekerasan di kawasan tersebut memang menaikkan tensi ketegangan.

Sementara itu, di kawasan Nazimabad, dua mayat penuh luka tembak juga ditemukan. Selanjutnya, dua orang dibunuh dengan pistol oleh pelaku yang mengendarai sepeda motor di Jalan Abul Hassan Isphahani dan New Mianwali.

Lantaran penembakan-penembakan itu, kegiatan komersial dan pendidikan terhenti. Banyak polisi berjaga-jaga di lokasi kejadian.

Kekerasan di Karachi tersebut berawal sejak 1990-an. Namun, situasi menjadi tak terkontrol sejak dua tahun silam.

Paling tidak, penyebab kekerasan tersebut berawal dari maraknya silang selisih sektarian, etnik, dan politik di kota berpenduduk lebih dari 21 juta orang tersebut.

Berdasarkan data polisi, sekitar 2.000 orang menjadi korban tewas penembakan  sejak awal 2012. Polisi menduga ada yang hendak membuat kekacauan di Karachi.

Sampai dengan minggu lalu, polisi sudah menahan sekitar 165 terduga pelaku pembunuhan. Polisi menginginkan agar informasi mengenai kejadian-kejadian pembunuhan bisa dikorek dari para terduga tersebut.

Data dari Menteri Dalam Negeri Rehman Malik menunjukkan, ada 2.339 polisi dikerahkan untuk penyelidikan kasus-kasus pembunuhan itu. Kerja aparat penegak hukum itu sukses menangkap 145 bandit bersenjata. Akan tetapi, di pihak polisi, ada 100 polisi yang menjadi korban tewas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com