Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG: Badai Bopha Tak Pengaruhi Sulut

Kompas.com - 07/12/2012, 15:58 WIB

MANADO, KOMPAS.com- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Samratulangi menyatakan, badai tropis bopha yang sudah menjauhi Filipina tidak terlalu berpengaruh pada cuaca di atas wilayah Sulawesi Utara (Sulut).

"Memang badai tersebut ikut mempengaruhi angin di atas wilayah Sulut, tetapi tidak terlalu terasa," kata Prakirawan BMKG Statsiun Samratulangi Manado, Muhammad Nur Hadi, di Manado, Jumat (7/12/2012).

Nur Hadi menjelaskan, kondisi Sulut saat ini lebih banyak disebabkan oleh posisi matahari yang berada di sekitar 19,58 derajat LS, menyebabkan wilayah di belahan bumi selatan mengalami intensitas penyinaran matahari yang lebih kuat, sehingga suhu udara menjadi lebih tinggi dan tekanan udaranya lebih rendah dibandingkan belahan utara.

"Kondisi tersebut serta badai bopha di Laut China Selatan, sebelah barat Filipina dan daerah pusat tekanan rendah di samudera Hindia sebelah barat daya Sumatera menyebabkan pergerakan angin di atas wilayah Sulut bertiup dengan kecepatan 10-20 km/jam," kata Nur Hadi.

Kondisi ini pula yang menyebabkan daerah Sulut umumnya mengalami curah hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat terjadi pada siang, sore, atau malam hari, dan angin permukaan 15 km/jam.

"Apalagi sekarang sudah memasuki musim hujan, maka diperkirakan Desember dan Januari akan menjadi puncak musim hujan di Sulut," kata Nur hadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com