Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Aquino Kunjungi Daerah Bencana

Kompas.com - 07/12/2012, 15:26 WIB

MANILA, KOMPAS.com - Presiden Benigno Aquino, Jumat (7/12/2012) mendatangi lokasi bencana di Filipina Selatan yang hancur diterjang topan pada awal pekan ini.

Dalam pertemuan dengan para korban selamat di New Bataan, lokasi yang paling banyak terjadinya korban banjir bandang, dia mengatakan upaya telah dilakukan untuk memastikan agar bendaca tak terulang.

Jumlah korban tewas dalam bencana alam itu mencapai 418 jiwa dan 383 orang hilang, berdasarkan data resmi pemerintah. Sementara, lebih dari 300.000 orang masih bertahan di lokasi pengungsian.

Topan Bopha menerjang wilayah selatan Pulau Mindanao pada Selasa (4/12). Angin kencang dan hujan deras menyebabkan kerusakan di pulau tersebut, tetapi dua wilayah bagian timur provinsi itu adalah yang paling parah terkena dampaknya, Compostela Valley dan Davao Oriental.

Kota New Bataan, di Compostela Valley, sejumlah bangunan - termasuk tempat penampungan darurat - terkena banjir bandang dan tanah longsor.

"Kami ingin mengetahui mengapa tragedi ini terjadi dan bagaimana agar tragedi ini tidak terjadi lagi," kata Aquino kepada penduduk lokal, seperti dilaporkan oleh Kantor Berita AFP.

"Saya disini untuk mendengarkan penjelasan. Ini bukan waktunya untuk menyalahkan. Ini saatnya untuk bekerja," kata dia.

Badan Nasional Pengurangan Risiko dan Manajemen Bencana menyebutkan topan menghancurkan hampir 16.000 rumah, mendesak sejumlah keluarga untuk mencari lokasi pengungsian.

Bencana topan menyebabkan kerugian sekitar 4 milliar pesos.

Seorang komandan militer lokal mengatakan kepada Reuters menyebutkan bahwa upaya pencarian jenazah sangat sulit karena tertutup lumpur, dan tentara tidak memiliki peralatan khusus untuk evakuasi.

Gubernur Compostela Valley, Arturo Uy mengatakan kuburan massal akan dibangun bagi para korban yang tidak diklaim oleh para keluarganya.

Filipina diterjang sejumlah topan setiap tahunnya, tetapi biasanya badai itu langsung menuju wilayah utara. Tahun lalu, Topan Washi menyebabkan 1.300 orang tewas ketika terjadi di utara Mindanao.

Sebelum topan terjadi pemerintah telah memperingatkan melalui televisi agar warga mengantisipasi bencana ini dengan serius. Topan Bopha disebutkan lebih kuat dibandingkan Washi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com